Hari Libur Nasional Berdampak Baik Bagi Pilkada

Hari Libur Nasional Berdampak Baik Bagi Pilkada

KabarMakassar.com -- Usaha Pemerintah Indonesia yang menjadikan hari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 serentak sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden (Kepres) berdampak positif bagi salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Rabu 27 Juni 2018.

Dari hasil pantauan Redaksi KabarMakassar.com hingga pukul 11:00 Wita, TPS 24 di Jalan Lanraki Lorong 6, Kelurahan Paccerakkang telah mencatat 110 pemilih yang sudah memberikan suaranya dalam pesta demokrasi tersebut.

Hal ini dianggap sebagai perkembangan positif oleh pihak keamanan TPS 24 mengingat dalam waktu tiga jam TPS 24 telah dibanjiri kepadatan penduduk yang dengan antusias ingin terlibat dalam proses demokrasi tersebut.

"Sudah banyak yang datang mencoblos dari pukul 08:00 pagi tadi hingga 11.00," jelas Darwis, pihak keamanan TPS 24 saat diwawancarai Redaksi KabarMakassar.com.

Darwis juga mengungkapkan kehadiran saksi setiap Pasangan Calon telah hadir turut mengawal keadaan TPS 24 sejak pagi.

"Saksi untuk paslon masing-masing sudah hadir semua. Mereka sudah hadir sejak pagi untuk melihat keadaan di TPS ini," tambahnya.

Usaha Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menjadikan hari libur nasional saat pilkada dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat saat pilkada. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto menegaskan komitmen Jokowi yangh menyetujui usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar tanggal 27 Juni 2018 telah tertuang dalam Kepres Nomor 15 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan Suara.

[Laurensia Maggie Picarima]

Penulis :

Editor :