Pujananting, Kecamatan Rawan Pilkada di Kabupaten Barru

Pujananting, Kecamatan Rawan Pilkada di Kabupaten Barru

 KabarMakassar.com -- Pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak sebentar lagi berlangsung di sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Sayangnya, dari banyak kecamatan yang terdapat di Sulsel, Kecamatan Pujananting di Kabupaten Barru menjadi salah satu kecamatan yang dianggap paling rawan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel ini. Tidak tanggung-tanggung seluruh TPS di Kecamatan tersebut sudah sepenuhnya dianggap menjadi TPS rawan.

Diwawancarai khusus oleh Redaksi KabarMakassar.com, Ketua Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Barru, Muhammad Nur Alim mengungkapkan Kecamatan Pujananting menjadi kecamatan paling rawan di Kabupaten Barru pada Selasa, 26 Juni 2018.

“Hampir semua kecamatan di Pujananting itu masuk dalam kategori rawan, dan tentunya itu akan dipantau secara baik dan dilakukan pengawasan dengan ketat, apalagi pemukiman warga termasuk di daerah pegunungan, "ungkapnya. 

Alim menjelaskan, kalau TPS yang masuk dalam titik rawan yang dimaksud tersebut merupakan sejumlah TPS yang berada di perbatasan kota, seperti kabupaten Pangkep bagian pegunungan yang berbatasan langsung dengan daerah kabupaten Barru

"Sejumlah titik rawan di sejumlah TPS yang ada di Kabupaten Barru. Ada beberapa titik rawan di TPS yang ada di Kabupaten Barru kurang lebih 75 persen titik rawan termasuk di daerah terpencil," tambahnya.

Alasan kerawanan tersebut, menurutnya tidak lain karena jarak tempuh yang cukup jauh untuk dijangkau kendaraan sehingga sulit untuk dilalui, dan bahkan ada beberapa titik daerah di Barru yang sulit dijangkau kendaraan roda empat, dan juga ada yang sama sekali tidak dapat di jangkau kendaraan. 

Alim berharap kedepannya jika ditemukan pelanggaran tersebut maka akan dilakukan pemilihan ulang.

"Selain itu juga untuk mengantisipasi hal tersebut, maka kami bekerjasama dengan Polisi dan Linmas, memperketat pengawasan di lokasi rawan tersebut, termasuk di kecamatan Pujananting," tutup Alim.

Penulis :

Editor :