PT PERTAMINA

BBM Non Subsidi Naik, Pertamina Tegaskan Pertalite Tak Langka

Bank Sulsel Bar
BBM Non Subsidi Naik, Pertamina Tegaskan Pertalite Tak Langka
(Foto: Dok. KabarMakassar.com/Andini).

KabarMakassar.com -- PT Pertamina (Persero) menaikkan harga tiga produk Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi yakni Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite mulai 3 Agustus 2022. 

Pasca Kenaikan tersebut dikhawatirkan bakal muncul peralihan konsumen ke BBM bersubsidi yang berujung pada kelangkaan stok.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi,  Laode Syarifuddin Mursali memastikan penyesuaian harga BBM non subsidi tidak akan memberi dampak pada BBM subsidi seperti Pertalite.

Menurutnya, kondisi stok Pertalite di Makassar masih aman.

"Kenaikan BBM non subsidi ini, pangsa pasarnya tidak terlalu banyak. Seperti Pertamax Turbo dan Dexlite. Ini sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi karena yang menggunakan Pertamax Turbo itu kalau di Makassar hanya sekitar tiga persen," ungkapnya, Kamis (04/08).

Dari pantauan di sejumlah SPBU seperti SPBU Racing dan Hertasning terjadi antrean kendaraan karena stok Pertalite yang tidak tersedia.

Namun, Mursali menyebut sempat terjadi keterlambatan pengiriman BBM jenis Pertalite di sejumlah SPBU di Kota Makassar yang mengakibatkan antrean.

"Jadi cuma keterlambatan pengiriman, dan juga mungkin bertepatan konsumen mengisi. Jadi sebenarnya kekosongan tidak ada. Kelangkaan juga tidak ada. Antrian itu bukan berarti menandakan adanya kelangkaan," jelasnya.

Pihaknya memastikan tidak ada kelangkaan BBM subsidi Pertalite. "Masalah kelangkaan itu tidak ada," pungkasnya.

Penulis : Andini

Editor : Herlin Sadid

Pemprov Sulsel
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Bank Sulsel Bar