PT PERTAMINA

Kemenko PMK Gerakkan Tanam Sepuluh Juta Pohon di Unhas

Bank Sulsel Bar
Kemenko PMK Gerakkan Tanam Sepuluh Juta Pohon di Unhas
Program tanam 10 juta pohon di area gedung lama Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas), Tamalanrea, Selasa (26/7) (Dok: KabarMakassar/Andini)

KabarMakassar.com -- Kementerian Koordinator (Kemenko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia (RI) menggelar penanaman 10 juta pohon di area gedung lama Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas), Tamalanrea, Selasa (26/7).

Menko PMK RI, Muhadjir Effendy menyebut program tanam 10 juta pohon merupakan langkah melestarikan alam dan menyelamatkan dunia dari ancaman fenomena bencana salah satunya pemanasan global yang kini mengancam kehidupan dunia.

Menurutnya, program penanaman 10 juta pohon dimulai di area kampus-kampus sebab fenomena pemanasan global saat ini justru dipahami baik oleh kalangan akademisi dibandingkan masyarakat awam.

"Kelestarian alam dan penyelamatan dunia ini akan bisa dimulai dari Indonesia. Program ini dimulai dari kampus-kampus karena yang paling memahami ancaman global adalah orang-orang akademisi dibandingkan dengan orang awam," ungkapnya, Selasa (26/7).

Selain itu, pihaknya bakal terus menggalakkan program tanam sepuluh juta pohon di kampus lainnya di Indonesia untuk menumbuhkan mental revolusi dengan menanam pohon.

Sejauh ini, sebanyak 2 juta lebih pohon telah di tanam di empat kampus di Indonesia dan selanjutnya akan terus dilakukan di 34 provinsi.

"Ini berkelanjutan, seluruh Indonesia nantinya kita akan tanam di 34 provinsi dan kita naikkan jumlahnya," pungkasnya 

Sementara itu, Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa menyambut dengan serius langkah Menko PMK untuk bersama-sama mewujudkan gerakan menanam 10 juta pohon.

Menurutnya, sebanyak 220 hektar lahan hutan di Unhas telah menjadi bagian dari hutan kota dan 70 persen merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang tentunya berkontribusi besar pada kelangsungan kehidupan lingkungan hidup

"inshaAllah Unhas dan perguruan tinggi untuk bersama-sama di Sulsel bekerjasama mewujudkan gerakan menanam 10 juta pohon," ungkapnya.

Selain itu Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman turut menyambut serius program strategis menanam 10 juta pohon.

Pihaknya mengaku sejak dua tahun terakhir telah mencanangkan program lima pohon setiap siswa untuk dibawa dan ditanam dimana saja.

"Lima pohon satu siswa dicanangkan sejak dua. Saya minta dijaga tiga tahun dari kelas 1satau dibawa dan ditanam dimana saja," pungkasnya.

Pihaknya pun berharap setiap pohon yang ditanam dapat dirawat dan dipertahankan hingga tumbuh subur dan besar kedepannya.

"Menjadi program yang strategis karena menanam ini seperti menikah karena perlu merawat dan mempertahankan. Mengajarkan kepada kita bagaimana menanam dan memelihara dengan baik dan memastikan tanaman itu cocok dengan lingkungan memiliki varietas tertentu," pungkasnya

Penulis : Andini

Editor : Ardiyanti

Pemprov Sulsel
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Bank Sulsel Bar