Perusda
Bank SUlsel Bar

[Cek Fakta] Fenomena Bulan Kelilingi Ka'bah

on 27/5/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
[Cek Fakta] Fenomena Bulan Kelilingi Ka'bah
Fenomena bulan mengelilingi Ka'bah adalah informasi Hoax. (Foto: KabarMakassar.com)

KabarMakassar.com -- Maraknya informasi terkait fenomena-fenomena langit dan kaitannya dengan proses ibadah diperkirakan akan kembali meningkat di bulan Mei-Juni 2018 tepatnya pada Ramadan 1439 H.

Salah satu informasi terkait fenomena langit bereda melalui WhatsApp yang mengklaim akan adanya fenomena bulan yang mengelilingi Ka'bah dan menciptakan pemandangan langit akan berwarna biru muda pada pukul 03:25 Senin Pagi, 28 Mei 2018.

Informasi tersebut tersebar melalui grup-grup WhatsApp dengan mencantumkan dampak fenomena langit dalam hal ibadah yakni penerimaan doa, taubat, dan munajat. Fenomena ini pun di klaim hanya terjadi 100 ribu tahun sekali.

Klaim:

Informasi terkait fenomena langit ini tersebar dibeberapa Grup WhatsApp yang ditemukan oleh Relawan Masyarakat Anti Fitnah dan Hoax Kota Makassar dan Redaksi KabarMakassar.com.

Berikut isi lengkapnya:

Malam nanti jam 3:25 pagi bulan akan mengelilingi Ka'bah dan langit akan berwarna biru muda, inilah sa'at penerima'an doa, taubat, munajat,ini​ *terjadi setiap 100 ribu tahun sekali, 

*Hari ini di malam hari siapa pun yang berdo'a akan diterima. Bulan  akan melakukan Tawaaf di sekitar Ka'bah. 

Tolong sampaikan ini kepada semua orang. *Rabbi minkulli zambi wa'atubu illiahi.. , jika kamu mengirim doa ini ke temanmu, Allah akan menyelesaikan semua masalahmu.

Tolong kirimkan ini ke Setiap orang dekat Kita  sehingga mereka bisa mengetahui .. .. Semoga bermanfaat Aamiin.

Bantahan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Kota Makassar:

BMKG Wilayah IV Kota Makassar memastikan tidak adanya fenomena langit berupa bulan yang mengelilingi Kabah malam nanti. Hal ini disebabkan bulan memiliki garis edar (Lintasan putar) tesendiri dalam mengelilingi bumi.

"HOAX pak. itu berita tidak benar kalau bulan akan mengelilingi kabah sebentar malam, bulan memiliki garis edar tersendiri dalam mengelilingi bumi, kalau terlihat di ka'bah iya, apalagi ini menuju fase gerhana," terang Kaharuddin, S.Si, staf bidang observasi BMKG Wilayah IV Kota Makassar kepada Redaksi KabarMakassar.com pada Minggu, 27 Mei 2018.

Kaharuddin menjelaskan, adapun fenomena langit yang akan muncul terkait Ka'bah adalah fenomena posisi matahari yang tepat berada di atas Ka'bah yang akan terjadi hari ini dan besok, Minggu-Senin, 27-28 Mei 2018.

"1 peristiwa astronomi yang akan terjadi pada hari ini dan besok tanggal 27-28 Mei 2018 adalah matahari akan berada tepat di atas ka'bah pada pukul  17:18 WITA yang dikenal dengan istilah Istiwa A'zham peristiwa saat matahari berada tepat di atas Ka'bah di Mekah. Manfaatnya adalah untuk mengecek kembali atau mengkalibrasi arah kiblat sholat kita," tambahnya.