Pentingkah Sarapan Pagi?

Pentingkah Sarapan Pagi?

KabarMakassar.com -- Banyak orang yang sangat menyepelehkan sarapan pagi. Beberapa alasan tersebut disebabkan karena terlambat bangun, terburu-buru ke suatu tempat, hingga malas bangun lebih awal untuk menyiapkan makanan maupun karena sedang diet.

Dilansir Liputan6.com pada Jumat, 8 Juni 2018, rutin sarapan dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh terutama meningkatkan metabolisme tubuh.

"Mulai dari memberi nutrisi untuk tubuh, meningkatkan metabolisme biar menjadi energi supaya nggak mudah lapar dan lemas, dan tentunya bisa menjauhkan dari berbagai penyakit, seperti maag, jantung, dan diabetes," jelas Dokter Karin Wiradarma.

Faktanya makan yang paling penting dilakukan ialah sarapan atau makan di pagi hari. Begitu pentingnya sarapan, ada pepatah yang mengatakan 'makan pagi seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti pengemis' yang menggambarkan porsi sarapan sangat penting bagi tubuh manusia.

Berikut manfaat pentingnya sarapan pagi bagi tubuh anda.

1. Sehat Sampai Usia Tua

Faktor pendukung untuk memiliki tubuh sehat dari usia muda hingga tua dan terhindar dari beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, sampai dengan diabetes ialah dengan melakukan sarapan pagi. Dengan sarapan pagi kamu dapat mengurangi penyakit tersebut agar tidak menyerang untuk jangka panjang, tubuh sehat sampai tua.

2. Menjaga Konsentrasi Otak

Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan baik. Banyak penelitian yang telah menunjukan hasil positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir dan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis semalaman selama kita beristirahat.

3. Metabolisme Tubuh Seimbang

Saat tidur tubuh tidak mengonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas namun jika, sarapan ini terlewatkan tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag. Oleh karena itu, dengan memberi asupan di pagi hari dengan sarapan bisa membuat metabolisme tubuh menjadi lebih seimbang.

4. Jadi Sumber Energi

Layaknya kendaraan yang membutuhkan bensin agar bisa tetap jalan dan melaju, begitupun dengan tubuh kita yang perlu di isi dengan asupan sarapan yang tepat agar dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas sepanjang hari.
Disarankan untuk bisa membuat sarapan yang kita makan menjadi sumber energi yang baik, ialah dengan memilih sarapan dengan makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan, makanan tinggi protein, makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk sarapan, jangan lupa juga untuk pilih telur dan susu yang sangat baik untuk sarapan.

Apalagi bagi kamu yang super sibuk nggak sempat untuk memasak atau menyiapkan sarapan makanan berat, kamu bisa tetap sarapan dengan roti gandum ditemani susu.
Jangan lupa untuk memilih susu sapi segar yang yang tidak menambahkan garam karena kandungan asam pada garam bisa mengurangi ikatan kalium. Juga susu yang diproduksi dengan teknologi nutrikeep yang menjaga rasa, semua nutrisi dan kebaikan susu, sehingga tidak mudah terkontaminasi bakteri

Bagaimana? mari membiasakan sarapan dan selamat beraktivitas.

[Laurensia Maggie Picarima]

Penulis :

Editor :