Susah Tidur? Ini 7 Tips Mudah Tidur.

Kabar Kesehatan

Susah Tidur? Ini 7 Tips Mudah Tidur.

KabarMakassar.com --- Setiap orang memiliki pengalaman ketika fisik merasa sangat lelah namun tidak dapat tertidur walau sudah  berjam-jam terbaring diatas tempat tidur.

Jangan Khawatir, dilansir dari Time.com, ada beberapa cara agar anda mudah tertidur dan kembali membantukan anda lebih produktif di pagi harinya, berikut 7 cara agar anda lebih mudah tertidur:

1. Buatlah Daftar Tugas

James Findley, Direktur klinis Program Pengobatan Perilaku Tidur di Universitas Pennsylvania Perelman School of Medicine mengatakan bahwa sangat umum bagi seseorang untuk melaporkan bahwa mereka lelah secara fisik, namun tidak dapat beristirahat di tempat tidur, terutama jika mereka terlalu khawatir atau terlalu senang.

"Kekhawatiran membuat orang tetap terjaga," kata Findley.

Jika anda tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas anda  di pagi dan sore hari, ada baiknya anda menuliskan daftar tugas anda sebelum anda tidur untuk membantu membersihkan pikiran dari kekhawatiran tugas anda.

Daftar tugas yang semakin rinci akan membantu anda semakin cepat tertidur. 

2. Bangun dari tempat tidur

Tinggal di tempat tidur dan mencoba membuat diri Anda tertidur adalah ide yang buruk, kata Dr. Cormac O'Donovan, profesor neurologi di Wake Forest Baptist Medical Center.

"Jika Anda mencoba untuk tidur dan otak Anda tidak membiarkan Anda, mungkin saja Anda tidur terlalu dini," kata O'Donovan.

Saran yang biasa anda dengar terkait setiap orang memerlukan delapan jam tidur tidaklah sepenuhnya benar.

"Setiap orang berbeda, dan beberapa tubuh orang hanya menuntut enam atau tujuh jam," menurut O'Donovan. 

Tetap bangun sampai Anda benar-benar lelah dapat membantu anda menemukan pola tidur yang paling sesuai untuk Anda, selama Anda masih bisa bangun di pagi hari tanpa masalah.

3. Membaca buku

"Anda tidak bisa menghentikan otak Anda untuk berpikir, tapi Anda bisa mengalihkan perhatian dengan memusatkan perhatian pada sesuatu yang netral," kata Findley. 

Karena layar digital lebih  dapat mengganggu tidur, findley merekomendasikan  membaca buku fisik.

"Ini dapat membantu untuk membuat pikiran Anda terhindar dari apa pun yang Anda khawatirkan, tapi usahakan membaca yang tidak terlalu merangsang pikiran dan emosi anda," katanya. 

Jika tidur biasanya tidak menjadi masalah besar bagi Anda, membaca di tempat tidur selama 20 sampai 30 menit tidak masalah, tetapi jika Anda masih terjaga setelah itu, bangun dari tempat tidur dan membaca di tempat lain sampai Anda merasa siap untuk tidur merupakan salah satu solusi yang efektif.

4. Dengarkan podcast

Mendengarkan Podcast atau audiobook juga bisa mengalihkan pikiran dari kekhawatiran anda.

Metode ini dapat menjadi alternatif yang baik untuk membaca jika Anda tidak ingin menyalakan lampu atau melelahkan mata Anda. Anda bisa menggunakan headphone untuk mendengarkan tanpa mengganggu pasangan di tempat tidur Anda.

Aturan untuk podcast dan audiobook tetap sama seperti untuk buku sekalipun, temukan topik yang tidak terlalu menarik atau menjengkelkan, dan bangun dari tempat tidur dan dengarkan di tempat lain jika Anda tidak dapat hanyut di tempat tidur segera.

5. Cobalah dengar suara yang menenangkan

"Tidak banyak penelitian tentang terapi suara, tapi mungkin patut dicoba untuk beberapa orang," kata O'Donovan. 

Ada beberapa pasien yang mengatakan bahwa mereka dulu tinggal di pantai, dan sekarang mereka tinggal di kota besar dan mereka merindukan suara laut yang membuat mereka tertidur.

Download aplikasi atau pertimbangkan untuk membeli mesin white noise untuk mendengarkan suara yang Anda sukai.

"Ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk tidur," tambah O'Donovan.

Mendengarkan suara hujan, ombak, atau kicau burung dapat memicu kenangan akan masa-masa yang lebih santai, dan membantu mengalihkan pikiran dari apa pun yang mengkhawatirkan Anda saat akan tertidur.

6. Fokus pada pernapasan anda

Cara lain untuk menenangkan pikiran Anda sebelum tidur dapat melalui latihan pernapasan sederhana. 

"Pikiran Anda pasti akan kembali ke hal lain, tapi yang penting adalah terus menjaga pernapasan Anda, masuk dan keluar," kata O'Donovan. 

Pernapasan yang dalam dan lambat bisa memperlambat detak jantung Anda dan membantu anda untuk terhindar memikirkan sesuatu yang mengganggu.

Anda bisa melakukan pernafasan diafragma sambil berbaring di tempat tidur, tanpa menyalakan lampu atau mengganggu pasangan Anda. 

Cobalah teknik ini dari Spesialis tidur Michael Breus. Letakkan satu tangan di dada dan yang lainnya di perut Anda. Tarik napas melalui hidung selama sekitar dua detik, rasakan perut Anda berkembang, lalu dorong perut Anda dengan lembut saat Anda perlahan-lahan menghembuskan napas. Ulangi hingga anda merasa nyaman untuk tertidur.

7. Makan makanan ringan karbohidrat

Makan makanan sebelum tidur dapat memperlambat pencernaan dan memiliki terlalu banyak gula dalam tubuh dapat membuat anda tetap terjaga.

Tapi bangun dan menikmati camilan ringan karbohidrat saat Anda tidak bisa tidur seperti seporsi popcorn ukuran kecil atau kerupuk gandum bisa membantu anda untuk tertidur dengan mudah.

"Karbohidrat dapat meningkatkan produksi serotonin, yang otak butuhkan untuk mengatur tidur," kata Findley. 

Diantara semua metode diatas, jika anda masih selalu merasakan kesulitan untuk tidur, akan lebih baik untuk mendiskusikannya dengan dokter anda untuk membantu mengeveluasi gaya hidup dan obat yang mungkin mempengaruhi pola tidur anda. Selamat Tidur

Penulis :

Editor :