Ternyata ini Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Puasa

Ternyata ini Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Puasa

KabarMakassar.com -- Kurma merupakan buah yang identik ketika datangnya bulan puasa. Buah yang satu ini memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat buka puasa karena rasa manis yang didapatkan dalam buah kurma ini memberikan sumber energi yang hilang setelah seharian menjalani puasa. Selain itu mengonsumsi buah kurma ketika berbuka puasa bisa membuat perut menjadi cepat kenyang dan dapat membantu Anda dalam mengontrol nafsu makan agar tidak makan berlebihan.

Lantas kenapa kurma begitu bermanfaat bagi manusia terkhusus bagi umat muslim yang sedang berpuasa?

Dilansir Tempo.co, kurma dengan nama latin Phoenix Dactylifera adalah tumbuhan populer dengan keunikan buahnya yang kaya akan nutrisi, di antaranya karbohidrat, serat, protein, vitamin C, mangan, air, dan sedikit lemak. Kurma tersebar di seluruh penjuru Timur Tengah.

Banyak orang mengonsumsi kurma saat berbuka di bulan puasa. Rasa manis dari kandungan gula yang alami terasa nikmat dan mampu memulihkan seketika energi setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Namun tak hanya itu, buah kurma juga memiliki banyak khasiat. Hal itu hanya akan dirasakan seseorang jika rutin mengonsumsinya, misalnya setiap hari selama Ramadan. 

Buah kurma memiliki kandungan yang sangat bermanfat bagi kesehatan di antaranya mengandung gula antara 75%-87%, untuk gula yang berbentuk glukosa sekitar 55% sedangkan 45% membentuk fruktosa. Manfaat kurma sangat berguna untuk tubuh karena banyak mengandung protein, mineral, lemak dan vitamin antara lain vitamin A, B2, B12. Maka dengan begitu melihat banyak kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tidak heran jika kurma memiliki manfaat bagi kesehatan seseorang ketika menjalani puasa.

Buah kurma juga baik untuk kesehatan pencernaan karena kurma memiliki kandungan serat yang tinggi. Maka, mereka yang rutin mengonsumsi kurma saat berpuasa, akan terhindar dari sembelit yang biasanya dialami orang yang berpuasa.

Kurma yang telah dikeringkan juga mengandung selium, mangan, tembaga, dan magnesium yang penting untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Kurma juga kaya akan potasium dan mineral lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah. Kandungan magnesium juga bisa melemaskan otot jantung dan pembuluh darah sehingga membantu mengontrol tekanan darah.

Khasiat lainnya adalah kurma mampu membantu meningkatkan kemampuan otak. Berkat kandungan potasiumnya, kurma bisa membantu menjaga kesehatan sistem saraf, termasuk kemampuan otak. Penyakit otak yang juga bisa dicegah berkat kandungan potasium kurma adalah Alzheimer. 

Buat kita yang peduli dengan kesehatan kulit, rutin mengonsumsi kurma rupanya juga baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan D yang tinggi dalam buah kurma akan membuat kita terhindar dari berbagai masalah kulit, termasuk penuaan dini. Setelah mengetahui lebih banyak khasiat buah kurma, mungkin ada baiknya Anda mengonsumsi kurma tidak hanya di bulan puasa.

Makan kurma sebenarnya tidak perlu menunggu sampai Ramadhan tiba. Anda bisa mengkonsumsi kurma sebagai kebiasaan, tunggu apalagi rasakan khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan.

[Nur Fadhilah Sophyan]

Penulis :

Editor :