Perusda
Bank SUlsel Bar

Kuatkan Kesehatan Nasional, Dinkes Makassar Gelar Workshop

Terbit 16/5/18 Oleh Lina Budi Astuti
Kuatkan Kesehatan Nasional, Dinkes Makassar Gelar Workshop
Suasana workshop oleh Dinkes di Hotel Swiss Bellin, Rabu 16 Mei 2018 (Ist.)

KabarMakassar.com -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menggelar Mini Workshop Penguatan Managemen Tata Kelola Obat dan Perbekalan Kesehatan tingkat Kabupaten/Kota Makassar di Hotel Swiss Bellin Makassar, Rabu 16 Mei 2018. 

Kegiatan ini sebagai penguatan di level Kabupaten/Kota agar berdampak baik pada Sistem Kesehatan Nasional khususnya menyambut bulan Ramadhan 1439 H.

"Turut mempengaruhi kualitas program manajemen tata kelola obat dan perbekalan kesehatan di tingkat nasional. Oleh karena itu, diperlukan upaya Manajemen tata kelola obat harus mampu  meningkatkan ketersediaan, kualitas dan keterjangkauan obat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin.

Naisyah menjelaskan melalui perencanaan dan penilaian ketersediaan, pengendalian harga dan pengaturan pengadaan, serta pemantauan. Oleh karenanya, dalam rangka penguatan sistem kesehatan nasional perlu dilakukan penataan manajemen tata kelola obat. 

"Disamping itu, kapasitas SDM Pengelola Obat dan Perbekalan Kesehatan di Instalasi Farmasi Pemerintah dan peningkatan kapasitasnya dalam manajemen tata kelola obat dan perbekalan kesehatan," jelasnya. 

Pertemuan Mini Workshop Penguatan Manajemen Tata Kelola Obat ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pencapaian, pengalaman, tantangan.

"Stakeholder menghasilkan rekomendasi dan tindak lanjut kegiatan untuk keberlangsungan program di tingkat Kabupaten/Kota serta Memperoleh dukungan/komitmen dari lintas program, Iintas sektor di tingkat kabupaten/kota dan puskesmas terpilih dalam mereplikasikan modul SCM," tutupnya.

Perlu diketahui, Dinkes Kota Makassar juga telah menyediakan pelayanan masyarakat berbasis program layanan kesehatan gratis atau Home Care yang dapat diakses melalui call center 112 yang juga bebas pulsa.