Pemkot Makassar Akan Berikan Tukin Ke ASN

Pemkot Makassar Akan Berikan Tukin Ke ASN

KabarMakassar.com -- Tunjangan Kinerja (Tukin) yang rencananya akan diterima Aparatur Sipil Negara (ASN) di setiap unit kerja lingkup Pemerintah Kota Makassar akan segera terealisasikan.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala), Muhammad Syarief yang menjelaskan bagian Ortala telah bekerja sama dengan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dalam menentukan kelas-kelas jabatan dalam prosedur pemberian tunjangan kinerja.

"Kalau masalah tunjangan kami di bagian Ortala hanya bertugas untuk menentukan kerjasama dengan SKPD itu menentukan kelas-kelas jabatannya," jelasnya saat diwawancarai di kantor Balaikota, Rabu 30 Mei 2018. 

Pemberian tunjangan ini adalah bentuk apresiasi pemerintah terhadap kinerja ASN dan salah satu langkah untuk memicu kinerja dalam menjalankan tuntutan-tuntutan masyarakat. Muhammad Syarief, menambahkan akan ada persyaratan tertentu bagi ASN yang mendapatkan tunjangan. 

"Belum secara detail. Cuma memberikan garis-garis bawah. Bahwa untuk mendapatkan tunjangan kinerja nantinya, ada persyaratan yang harus dilakukan seorang pegawai," tambahnya.

Tukin dinilai lebih produktif dikarenakan pemberian tunjangan kinerja disesuaikan dengan hasil kinerja berdasarkan indikator yang telah ditentukan pemkot, sehingga tunjangan yang diperoleh ASN bervariatif. 

"Indikator untuk tunjangan kinerja, ada beberapa penilaian dari pakaian, disiplin dan output juga penilaian dari pimpinan, penilaian dari sesama pekerja dan bawahan," tambahnya.

Lanjutnya, Tukin sudah harus diterapkan dan seluruh pegawai harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Untuk Ortala indikator kinerja individu, realisasi Tunjungan kinerja sudah menjadi amanah dari pemerintah bahwa harus di berlakukan wajib di 2019," katanya.

Muhammad Syarief, berharap pemerintah Makassar siap dalam pemberlakuan Tunjangan Kinerja bagi ASN dilihat waktu persiapan yang masih mencukupi dan sosialisasi ketentuan kepada ASN sehingga tidak menimbulkan kebingungan di kalangan ASN.

"kita masih ada waktu untuk mempersiapkan sehingga masuk 2019 tidak ada lagi pertanyaan a,b,c karena semua pegawai sudah siap. Mudah-mudahan Makassar sudah siap memberlakukan tunjangan kinerja ini," tutupnya. 

Penulis :

Editor :