Kabar Makassar

Ini Buah Sinergitas Baznas Toraja dan RSB Makassar

  • Rubrik : Umum
  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : Terbit 13/5/18
Ini Buah Sinergitas Baznas Toraja dan RSB Makassar
Foto bersama Tim Baznas Tana Toraja, Rumah Sehat Baznas Makassar, dan Rumah Sehat Baznas Indonesia di Gedung Tammuan Mali, Makale Kabupaten Toraja, Sabtu 12 Mei 2018.

KabarMakassar.com -- Pemeriksaan kesehatan cuma-cuma untuk dhuafa bertema 'Ketika Semua Bergerak Bersama' menarik banyak perhatian masyarakat di Gedung Tammuan Mali Makale, Kabupaten Tana Toraja pada Sabtu, 12 Mei 2018. 

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Toraja ini merupakan buah kolaborasi bersama Rumah Sehat BAZNAS Makassar guna meningkatkan kesadaran masyarakat terkait perilaku hidup sehat.

Dengan jumlah peserta pengobatan 250 orang disertai Promosi kesehatan (Promkes), acara yang diawali dengan sambutan dari Bapak Teguh Catur Prianto ketua BAZNAS Kabupaten Toraja dan dibuka langsung oleh bapak Bupati Tana Toraja, Ir. Nicodemus Biringkanae berlangsung meriah dengan rangkaian kegiatan yang menarik.

Salah satu rangkaian acara yang menarik banyak perhatian adalah pemberian materi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pemahaman tentang Hipertensi yang menarik banyak kalangan.

Selain rangkaian kegiatan bertema Kesehatan, Pada sisi kiri pintu masuk nampak booth kopi Tondok Lemo yang merupakan kopi robusta hasil dari program Zakat Community Developmen (ZCD) BAZNAS Kab Tana Toraja.

Manager Rumah Sehat Baznas Makassar, Dr. Disman S. Kasim didampingi Ketua Baznas Tana Toraja, Teguh Catur Ptianto menyampaikan keinginannya untuk bersinergi dengan program Rumah singgah dalam hal pelayanan kesehatan.

Sebagai langkah awal sinergitas dengan Pemkab Tana Toraja, Rumah Sehat Baznas menggelar kegiatan kesehatan dengan mengajak masyarakat berkonsultasi tentang permasalahan-permasalahan kesehatan yang dipusatkan di Gedung Tammuan Mali’ Makale, 12 Mei 2018.

Rumah Sehat Baznas (RSB) merupakan Badan Zakat Nasional (Baznas) yang digagas oleh Baznas Kota Makassar. Rumah Sehat Baznas merupakan hasil kerja sama dengan PT Pertamina (Persero) dan Yayasan Wakaf Universitas Muslim Indonesia (UMI). 

Rumah Sehat Baznas kemudian menggandeng Baznas Tana Toraja melalui program Toraja Sehat yang melakukan pelayanan kesehatan utamanya bagi masyarakat miskin.

[Nur Fadhilah Sophyan]


Pemprov 1