Kabar Makassar

Siapa Bilang Menjadi Seorang Ibu Tidak Dapat Diwisuda?

  • Rubrik : Komunitas
  • Penulis : Lina Budi Astuti
  • Terbit : 2 pekan, 4 hari lalu
Siapa Bilang Menjadi Seorang Ibu Tidak Dapat Diwisuda?
Foto bersama wisuda Ibu Profesional, Kamis 10 Mei 2018 (Foto: KabarMakassar.com)

KabarMakassar.com -- Bagi anda yang beranggapan menjadi seorang ibu bukanlah sebuah prestasi yang tidak dapat diberikan penghargaan seperti wisuda tidaklah tepat. Pasalnya, hari ini Komunitas Ibu Profesional Sulawesi menggelar wisuda bagi para ibu yang telah mengikuti kelas Matrikulasi Institusi Ibu Profesional batch 5 dan wisuda Bunda Sayang batch 1 di Kampus 2 Universitas Bosowa Lt. 9 jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Kamis 10 Mei 2018.

Kelas Matrikulasi dan Bunda Sayang sendiri adalah bagian dari kurikulum yang ada di komunitas Ibu Profesional Sulawesi.

"Siapa bilang menjadi ibu tidak dapat diwisuda? Ini adalah acara wisuda matrikulasi dan kelas bunda sayang untuk para ibu di Komunitas Ibu Profesional. Kelas matrikulasi adalah kelas yang harus dilalui untuk bergabung ke komunitas ibu profesional," jelas Ina, Leader Komunitas Ibu Profesional Sulawesi saat diwawancarai oleh Redaksi KabarMakassar.com pada Kamis, 10 Mei 2018.

Komunitas Ibu Profesional merupakan komunitas para ibu dan calon ibu yang ingin meningkatkan kualitas diri sebagai seorang perempuan, seorang istri dan seorang ibu. Anggota Ibu Profesional diajar untuk tumbuh, belajar dan menguatkan sesama anggota melalui forum belajar yang dikelola secara online dan forum diskusi offline yang diselenggarakan di Indonesia.

"Komunitas ini tempat belajarnya perempuan untuk memantapkan dirinya menjadi ibu banggakan keluar jadi selama 9 Minggu ada 9 materi peserta ini diberikan tugas yang tugasnya itu aplikasi keluarga dalam hal ini suami dan anak," jelasnya.

Peserta wisuda kali ini terdiri dari 116 orang, tepatnya 17 orang dari kelas Bunda Sayang dan 99 orang dari program Matrikulasi.

"Yang wisuda hari ini adalah yang telah mengikuti kelas bunda sayang selama setahun," tambahnya.

Komunitas ini terbuka untuk semua perempuan dalam hal ini baik sudah menikah, belum menikah maupun single parent. Ina selaku Leader Ibu Profesional Sulawesi menjelaskan salah satu syarat lain untuk bergabung dengan Komunitas Ibu Profesional harus mengikuti beberapa tahap kelas terlebih dahulu.

"Kalau mau jadi member ibu profesional harus melalui tahap matrikulasi, bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif dan bunda Soleha," katanya

Dengan terselenggaranya wisuda ini diharapkan bukan hanya sebagai bentuk kesenangan semata tetapi ada manfaat dan pelajaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan keluarga member.

"Sebagai leader tidak berhenti sampai disini, perjalanan kita masih panjang untuk belajar jadi sejatinnya ibu itu harus menjadi ibu pembelajar karena kita mau mendidik anak, mau menjadi kebanggan keluarga ilmunya itu tidak instan berproses terus," tutupnya.


Pemprov