Perusda
Bank SUlsel Bar

Konro Bakar, Membuat Ingin Kembali ke Makassar

on 5/5/18 Oleh Redaksi
Konro Bakar, Membuat Ingin Kembali ke Makassar
Konro Bakar [ist]

KabarMakassar.com--Sop konro dan konro bakar merupakan salah satu kuliner yang bisa memanjakan lidah Anda yang mencintai masakan nusantara, baik penduduk lokal maupun pendatang. Biasanya makanan khas ini dapat ditemukan disepanjang jalan kota Makassar, selain itu sudah banyak restoran yang menjadikan sop konro sebagai menu utamanya. Diberbagai acara pernikahan, perayaan hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha maupun acara lainnya, menu satu ini jarang terlewatkan. Sebagian besar penduduk asli Makassar bahkan lebih sering membuatnya sendiri untuk dinikmati bersama keluarga, karena cukup mudah dan praktis. 

Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi.

Konro aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam.
Selain keluwak, sop konro ini dimasak dengan berbagai rempah lain seperti jahe, lengkuas, kayu manis, kapulaga, asam jawa, kunyit, kemiri, ketumbar, dan jinten.

Konro merupakan salah satu masakan khas yang banyak dicari para turis domestik maupun mancanegara ketika berkunjung ke Kota Makassar. Isinya bukan daging sapi, melainkan tulang iga. Mau dibakar atau direbus biasa di dalam kuah sup, tulang iga ini tetap enak disantap.

Sama dengan Coto, bagi sebagian orang, belum lengkap berkunjung ke kota Makassar tanpa mencicipi konro. Selain khas, makanan ini juga gampang didapatkan di berbagai sudut kota.

Setiap orang di Makassar pasti punya tempat favoritnya sendiri untuk menikmati konro. Ada yang berdasarkan rasa atau aroma, tempat, atau suasana.
Berikut  5 warung konro favorit di Kota Makassar berdasarkan ulasan dari google yang mendapatkan bintang empat yang bisa anda coba. Penasaran dengan kekhasan masing-masing warung konro? Kamu bisa menjadwalkan kunjungan ke masing-masing tempat untuk merasakannya sendiri.
1. Sop Konro Karebosi
Sop Konro Karebosi terletak di Jalan Gunung Lompobattang No. 41-43, Kota Makassar. Berikut beberapa ulasan yang dikutip dari google mengenai pengalamannya di Sop Konro Karebosi.
-M. Okta
Pertama kali kesini.. Ramai pengunjung dan ramai asap.Untuk rasa, saya dan teman teman rombongan dari pulau sumatera sepakat tertolong gurih karena ada bumbu kacang. Untuk kuah sop berasa hambar. Rasa konro yang nikmat, rempah yg terasa, bila anda berkunjung ke tempat ini, saran saya pesanlah konro bakar. Kenapa? Karrna dengan memesan konro bakar anda juga akan mendapatkan kuah konro jadi anda bisa menikmati 2 rasa hidangan tapi dengan 1 bayaran menu.
-Abdul Aziz Nurussadad
Tidak seperti yang saya bayangkan di tempat bakar-bakaran yang banyak asap, saya tidak merasakan asap sama sekali. Saya duduk dekat jendela kaca, dimana saya bisa melihat langsung proses Iga nya dibakar.
Tapi, untuk menciduk sop menggunakan gayung plastik yang entah sudah berapa lama usianya. Konro nya yang susah lepas dari tulangnya, (apa mungkin harapan saya terlalu tinggi?)
-Reinaldo Mbironngi
bisa dibilang sebuah alternatif menikmati sop konro di makassar. Yg dekat dengan pusat kota dan pusat perbelanjaan.. Antara lain mtc karebosi serta karebosi link

2. Konro Bakar Losari
Konro Bakar Losari terletak di JL. Datu Musseng, No. 6A Kota Makassar.

3. Sop Konro Bawakaraeng
Terletak di Jl. G. Bawakaraeng No.146, Wajo Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar. Berikut beberapa ulasan yang dikutip dari google mengenai pengalamannya di Sop Konro Bawakaraeng.
-Igus Piliang
Sop Konro Makassar. Rasanya sangat nikmat dan perpaduan racik bumbunya cocok uk lidah kita.
-Muhammad Yusuf
Mantap tawwa konro n sop sodaranya…biasa singgah makan disini sebelum ke Bulukumba pake BMA
-Saldi Rais
Mantap Cita Rasa Konronya.
-Zack nkw
menikmati konro original di malam hari. sedapppp, tp sebaiknya jangan terlalu malam karena alamat kehabisan
-RAH Sulasmoro
Food is good, place is very local settings

4. Sop Konro Ratulangi
Terletak di Jl. Sultan Alauddin No.88, Mannuruki, Tamalate, Kota Makassar. Berikut beberapa ulasan yang dikutip dari google mengenai pengalamannya di Sop Konro Ratulangi.
-Roedy Rustam
Mantap konro nya
-Rachmad Fachrudin
Sip

5. Sop Konro Sulawesi
Terletak di JL. Sulawesi, No. 246, Melayu Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar. Berikut beberapa ulasan yang dikutip dari google mengenai pengalamannya di Sop Konro Sulawesi.
-Bernard Tan
Salah satu tempat kuliner lokal yang cukup di kenal juga di kawasan pecinan ini.
-Saldi Rais
Kuliner khas di Sulawesi Selatan, Recomended
-Agus Tan
Autenthic Makasar Soup for your Choice: Mixed Soup or Konro Soup.

Bagi kalian yang ingin membuat sendiri masakan khas ini, kami menyediakan resep dan cara membuat sop konro dan konro bakar khas Makassar. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu anda sipakan jika ingin membuat sop konro bakar khas Makassar.
Bahan sop konro:
– 1 Kg iga Sapi, diiris sesuai ruasnya
– 2 L air untuk merebus iga sapi
– 1 cm Jahe, parut
– 3 cm Lengkuas, memarkan
– 3 cm Kayu manis
– 3 butir cengkih
– 2 lembar daun Salam
– 2 sdm air asam jawa
– 1/2 sdt garam
Bahan bumbu halus
– 5 butir bawang merah, haluskan
– 2 siung bawang putih, haluskan
– 1 sdt merica bubuk
– 2 sdm kluwak, (ambil daging buahnya dan rendam dalam 2 sdm air panas, haluskan)
– 1/2 sdm kunyit
– 1/2 sdm jintan
– garam secukupnya (penyedap rasa)
– 3 sdm minyak goreng
Cara membuat sop konro:
– Rebus iga sapi yang telah di potong-potong sesuai ruas-ruasnya dalam 2 L air, rebus bersama dengan jahe, lengkuas, kayu manis, cengkih, daun salam, air asam jawa, dan tambahkan garam.
– Sementara iga sapi direbus dengan api sedang, tumis bawang merah, bawang putih, merica, kluwak, kunyit, jintan, yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Tambahkan garam secukupnya (bisa menggunakan penyedap rasa favorit Anda).
– Masukkan tumisan bumbu halus ke dalam rebusan iga sapi sebelumnya. Tunggu hingga daging lunak dan bumbu meresap ke dalam daging. Angkat.
– Masukkan ke dalam mangkuk, sop konro siap disajikan. Untuk mempercantik tampilan sop konro taburi dengan bawang merah goreng dan daun bawang, serta perasan jeruk nipis agar lebih lezat. Sajikan selagi hangat.
Cara membuat konro bakar:
– Rebus iga sapi dalam air bersama dengan jahe, lengkuas, kayu manis, cengkih, daun salam, air asam jawa, dan garam (Bisa menggunakan penyedap rasa favorit Anda).
– Sementara iga sapi di rebus, tumis bahan bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam rebusan iga sapi, hingga bumbu menyerap dan iga menjadi matang dan lunak. Tiriskan iga sapi, dan rebus kaldu hingga lebih kental.
– Bakar iga sapi di atas bara api, sambil diolesi dengan bumbu kaldu kental hingga harum. Angkat, taburi dengan bawang merah goreng, dan sajikan bersama bumbu kaldu yang kental dan perasan jeruk nipis. Sajikan selagi hangat.

Demikian resep dan cara membuat sop konro dan konro bakar khas Makassar yang dapat kami tuliskan, semoga dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga. Selamat mencoba sendiri di rumah Anda.

[Nur Fadhilah Sophyan]