Perusda
Bank SUlsel Bar

Ternyata Ini Manfaat Konsumsi Ikan Teri Saat Hamil

on 29/4/18 Oleh Redaksi
Ternyata Ini Manfaat Konsumsi Ikan Teri Saat Hamil
ilustrasi[ist]

KabarMakassar.com-- Saat hamil, seorang ibu mesti memastikan segala hal berjalan dengan baik. Mulai dari kebiasaan beraktivitas hingga asupan makanan yang dikonsumsi.

Sekali lagi, apapun yang dikonsumsi ibu saat hamil, akan berdampak langsung pada si bayi. Begitu juga dengan kebiasaan sehari-harinya. Makanya, sangat disarankan pada ibu hamil untuk selalu berbuat baik dimana pun, kapanpun, dan dengan siapapun.

Nutrisi Ibu hamil memang sangat penting untuk menunjang perkembangan janin. Apabila para Ibu ingin tumbuh kembang bayi lebih optimal, maka harus memulainya sejak ia masih dalam kandungan. Salah satu nutrisi ikan-ikanan yang bagus untuk Ibu hamil adalah Ikan teri. Kandungannya sangat kaya akan gizi yang sangat baik untuk Ibu Hamil. Ikan teri juga memiliki banyak manfaatnya untuk Ibu hamil sehingga sayang untuk tidak dikonsumsi selama masa kehamilan. 

Bicara mengenai asupan makanan ibu hamil, banyak ahli yang menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, bukan hanya ibu yang sehat tetapi juga bayi yang dikandungnya. Salah-salah mengonsumsi makanan, bayi yang ada di dalam kandungan malah akan bermasalah, emang mau mengalami hal ini?

Nah, Anda mesti tahu bahwa dengan memilih camilan yang sehat bisa memicu tubuh ibu dan janinnya sehat. Salah satu jenis camilan yang direkomendasikan adalah ikan teri. Ya, makanan ini sekalipun memiliki rasa asin yang kuat, ternyata baik untuk tumbuh kembang janin dan tentunya kesehatan ibu.

Mau tahu apa saja manfaat nyemilin ikan teri untuk kesehatan tubuh?

1. Membantu menguatkan tulang
Percaya atau tidak, ikan teri ternyata mengandung kalsium yang tinggi. Makanya, banyak ahli yang berpendapat bahwa dengan mengonsumsi ikan teri yang cukup, itu bisa membuat pertumbuhan tulang si bayi menjadi lebih baik. Untuk ibunya, mengonsumsi ikan teri bisa menghindarkan si ibu dari masalah gigi yang kadang menimpa ibu hamil.

2. Mencegah anemia
Salah satu masalah yang kerap dialami ibu hamil adalah kekurangan darah. Nah, dengan mengonsumsi ikan teri secara cukup, kandungan zat besi dalam tubuh Anda akan terlengkapi. Sebab, menurut beberapa referensi, di dalam ikan teri terkandung zat besi yang tinggi dan ini sangat baik untuk memastikan tubuh si ibu tetap sehat.

3. Memperkuat tulang
Kandungan lain yang dimiliki ikan teri adalah protein, bahkan kandungannya cukup tinggi dibandingkan ikan air tawar lainnya. Ikan teri dengan kandungan protein yang tinggi tentunya akan memberikan dampak yang baik untuk tulang si ibu maupun pembentukan tulang janin. Kecukupan protein dalam tubuh juga bisa membuat ibu hamil terbebas dari keletihan.

4. Menjaga kesehatan mata
Anda juga mesti tahu bahwa ikan teri mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A dipercaya untuk menjaga kualitas mata ibu hamil yang kerap kali terganggu karena nutrisi tubuh "tersedot" sebagian ke tubuh si bayi.

5. Suplai energi
Masalah yang sering dihadapi ibu hamil lainnya adalah keletihan yang berarti. Jika Anda mengalami letih yang teramat, maka nyemil ikan teri bisa jadi solusinya. Kandungan vitamin B1 yang tinggi di dalam ikan teri membuat tubuh Anda lebih berenergi.

Meski belum banyak yang tau seberapa besar kandungan gizi yang terdapat pada Ikan teri, tapi menurut berbagai ahli gizi, ikan teri memang jenis ikan yang sangat baik dikonsumsi untuk Ibu hamil karena sangat baik untuk janin. 
[Nur Fadhilah Sophyan]