PDAM Makassar

Jelang Idul Adha, Pedagang Sapi Sepi Pembeli

Bank Sulsel Bar
Jelang Idul Adha, Pedagang Sapi Sepi Pembeli
Pedagang sapi di Jalan Tun Abdul Razak. (Foto: Abdul Kadir).

KabarMakassar.com -- Menjelang hari raya Idul Adha (Qurban) pedagang hewan kurban di Kabupaten Gowa sepi pembeli, Rabu (14/7).

Seperti di Jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan seorang pengusaha pedagang Sapi mengalami sepi pembeli hingga  penurunan penjualan. 

Padahal Idul Adha 1442 Hijriah hanya tinggal enam hari lagi.

Daeng Lintang pedagang sapi tersebut, kepada wartawan mengatakan jika sejak dua tahun ini penjualan sapi kurban mengalami penurunan hingga 50 persen, 

Apa lagi, kata dia hal itu juga disebabkan masa pandemi Covid-19 saat ini. 

"Penurunan penjualan sekitar 50 persen biasanya saya jual ratusan ekor ini sekarang seratus ekor belum dapat," jelasnya.

Daeng Lintang mengaku jika di bandingkan dengan sebelum wabah covid 19 melanda indonesia, khususnya Kabupaten Gowa ia mampu menjual ratusan ekor dalam waktu satu minggu.

"Kalau sekarang susah, paling banyak itu instansi ambil 5 ekor, biasanya sampai 10 ekor sapi, sementara yang laku sampai saat ini baru sekitar 80 ekor yang terjual," ujarnya.

Ada tiga jenis sapi kurban yang ia jual dengan harga yang berpariasi mulai dari sapi jenis Brahman, limosin/Simental dan Sapi jenis Bali.

"Paling laku itu jenis Bali, mulai harga 10 juta sampai 30 juta, Simental dan Simosin harga 35 juta hingga 80 juta dan jenis Brahman harga 25 juta," ujarnya.

Meski penjualan sapi menurun, namun harga sapi tahun ini naik.

"Biasanya kita beli kepada pemilik sapi dengan harga 12 sekarang kita ambilkan 13 juta," jelasnya.

Penulis : Abdul Kadir

Editor : Herlin Sadid

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Pemkab Jeneponto
Bank Sulsel Bar