Perusda
Bank SUlsel Bar

Mahasiswa dan Aktivis Buruh Gelar Aksi Pra May Day

Demo Makassar

on 25/4/18 Oleh Fritz Wongkar
Mahasiswa dan Aktivis Buruh Gelar Aksi Pra May Day
Demo Buruh, MayDay

KabarMakassar.com -- Aktivis mahasiswa dan juga para aktivis buruh di Kota Makassar menggelar aksi pra May Day di jembatan layang, Flyover AP Pettarani, Rabu 25 April 2018. Aksi tersebut dilakukan para kativis mahasiswa dan buruh menjelang hari buruh internasional yang jatuh pada setiap tanggal 2 Mei. 

Aksi tersebut dilakukan juga terkait dengan menuntut hak-hak para buruh diantaranya menolak upah murah, menolak sistem kontrak kerja dan outsourching dan menolak pemberangusan serikat (union busting), bangun politik alternatif dari oleh dan untuk buruh.

Koordinator aksi gerak buruh tersbut yakni Askin mengatakan jika aksi yang dilakukannya hari ini bersama mahasiswa dan buruh adalah aksi pra kondisi menuju peringatan hari buruh 1 Mei 2018. 

"Aksi kami ini selain meminta hak-hak buruh dipenuhi dalam terkait upah dan pemberangusan serikat, kami juga melakukan menyuarakan aksi pra kondisi menuju peringatan hari buruh 1 Mei 2018"kata Askin.

Sementara itu Fahri ketua PMII rayon FAI UMI cselaku perwakilan aktivis mahasiswa juga menambahkan hari ini adalah dimana bersatunya pergerakan seluruh elemen masyarakat untuk mengawal dan bersolidaritas untuk menuntut hak-hak buruh yang sudah di kebiri oleh negara. "kita ikut bergabung bersama buruh dalam aksi ini, dimana kami terus mengawal hak-hak para buruh yang telah dikebiri oleh negeri kita sendiri"ujar Fahri.

Sebelumnya aksi tersebut berkumpul di Taman Makam Pahlawan, jalan Urip Sumoharjo dan bergerak menuju Flyover Pettarani Makassar. 

Dalam aksi ini juga hadir beberapa organisasi mahasiswa, elemen masyarakat dan buruh diantaranya komunal (komunitas marginal), PMII, FBTBI (Federasi buruh transportasi pelabuhan Indonesia), GSBN( Gabungan serikat buruh Nusantara) dan FPBN (Federasi perjuangan buruh Nasional), Serikat mahasisiwa Indonesia (SMI). Dimana aksi ini dinamakan Aliansi Gerak Buruh. [Sukri/MG]