PDAM Makassar

CEK FAKTA: Pengangkatan PNS Tenaga Honorer Oleh Kemenpan-RB

Bank Sulsel Bar
CEK FAKTA: Pengangkatan PNS Tenaga Honorer Oleh Kemenpan-RB

KabarMakassar.com -- Ramai beredar di Sosial Media (Sosmed) surat edaran yang mencatut nama Menpan-RB Tjahjo Kumolo yang menyebutkan adanya pengangkatan tenaga honorer bagi tenaga administrasi, penyuluh pertanian, dan tenaga honorer kesehatan berusia 35 tahun ke atas menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Adapun isi surat bernomor 257/01/2021 yaitu:

"Berdasarkan hasil keputusan rapat bersama komisi X DPR dan Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) memberikan kesempatan kepada tenaga honorer, tenaga administrasi, penyuluh pertanian, dan tenaga honorer kesehatan berusia 35 tahun ke atas menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanpa melalui tahapan tes. Bahkan, terdapat juga nomor handphone yang bernama Drs Heru Purwuku, yang bertuliskan " Untuk lebih jelasnya silahkan konfirmasi langsung Biro Perencanaan Kepegawaian BKN Pusat Drs Heru Purwuku No. Wa: 0853-2160-3273. Selain itu, dalam surat palsu tersebut juga dicantumkan bahwa pengangkatan tenaga honorer umur 35 tahun ke atas dilakukan pada Jumat (15/1/2021) pukul 10.00 bertempat di Ruang Rapat Komisi X RI, Senayan, Jakarta," tulisnya.


Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran tim cek fakta KabarMakassar.com, pihak Kemenpan-RB melalui laman resminya telah membantah informasi tersebut. Pihak Kemenpan-RB  menyebut surat yang beredar luas di kalangan masyarakat tersebut adalah palsu.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jeneponto, M. Basir Bohari mengatakan jika informasi itu tidak benar.

"Jadi, kami meluruskan pesan yang banyak beredar di group WA terkait  tulisan Pengangkatan Tenaga Honorer itu hoax," ungkapnya kepada KabarMakassar.com, Selasa, (15/6).

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan informasi yang belum jelas kebenarannya.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan mudah percaya dengan informasi yang belum tentu benarnya atau informasi yang tidak jelas sumbernya," pungkasnya.


Kesimpulan

Beradasarkan bantahan dari pihak Kemenpan-RB melalui laman resminya, dan penjelasan dari Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jeneponto, M. Basir Bohari yang mengklaim bahwa surat yang mengatasnamakan Menpan-RB Tjahjo Kumolo tersebut palsu, maka bisa dipastikan informasi tersebut adalah Hoax.

Penulis : Nasrullah Patha

Editor : Herlin Sadid

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Kabar Serupa :
CEK FAKTA: Bantuan UMKM dari Kementerian Koperasi
Kabar Cek Fakta

CEK FAKTA: Bantuan UMKM dari Kementerian Koperasi

11.06.2021 - 15:58
CEK FAKTA : Aksi Begal di Makassar Marak
Kabar Cek Fakta

CEK FAKTA : Aksi Begal di Makassar Marak

09.06.2021 - 14:12
CEK FAKTA: Perbatasan Takalar-Jeneponto Ditutup
Kabar Cek Fakta

CEK FAKTA: Perbatasan Takalar-Jeneponto Ditutup

04.05.2021 - 12:07
CEK FAKTA: Pungli di Samsat Bulukumba
Kabar Cek Fakta

CEK FAKTA: Pungli di Samsat Bulukumba

05.03.2021 - 22:53
Pelindo
Phinisi Point
Bank Sulsel Bar