PDAM Makassar

Pembelajaran Tatap Muka Mulai Berlangsung di Takalar

Bank Sulsel Bar
Pembelajaran Tatap Muka Mulai Berlangsung di Takalar
Salah satu sekolah di Kabupaten Takalar memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM). (Foto: Abdul Kadir).

KabarMakassar.com -- Pembelajaran Tatap Muka (PTM)  saat ini mulai diberlakukan di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan, Kamis (10/6).

PTM diberlakukan setelah Tim Gugus Covid 19 Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kemenag Takalar dan UPT Wilayah VII rapat koordinasi dan menghasilkan Komitmen bersama untuk mengawal proses tatap muka terbatas. 

Hasil dari Surat Keputusan bersama 4 Menteri yakni Kementrian Kesehatan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementrian  Dalam Negeri (Kemendagri), Kementrian Agama (Kemenag) sebagai dasar pembukaan proses tatap muka terbatas dan ditindak lanjuti dengan surat edaran Bupati Takalar.

Terdapat delapan sekolah tingkat SMA dan SMK sederajat yang dipilih oleh tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Takalar yang telah mengadakan PTM dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat. 

Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Takalar Irwan mengungkap delapan sekolah tingkat SMA, SMK sederajat sebagai bahan uji coba selama sepekan. 

"Jadi delapan sekolah ini bahan uji coba STM Rekomendasi Tim gugus tugas Covid-19. Sudah berlangsung tiga hari sejak Senin kemarin," kata Kadis saat dikonfirmasi wartawan. 

Kadis menjelaskan, PTM berlaku selama sepekan dalam tahap uji coba dan masa semester tingkat sma dan SMK sederajat kelas satu dan dua. 

Protokol ketat diberlakukan pada Sekolah atau Pembelajaran Tatap Muka terbatas dimulai. Dari pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan sebelum masuk, pemakaian masker serta jaga jarak kursi siswa. 

"Sangat ketat didampingi tim gugus tugas Covid-19, apa lagi ini tahap uji coba selama sepekan dan terbatas STM hanya berlaku selama 3 Jam, baru inikan juga semester untuk kelas Satu dan Dua," sebutnya. 

"Namun, jika pada uji coba Muncul kluster baru corona maka akan di tutup sekolah bersangkutan dan diadakan sterilisasi," tambah Kadis ketika ditanya 

Kata Irwan, setelah masa uji coba STM di delapan  Sekolah berhasil, selanjutnya tingkat SD, SMP, SMA dan PAUD akan dibuka. Akan tetapi, bertahap sesuai rekomendasi Tim gugus Covid-19 Kabupaten Takalar.

"Jika berhasil tahun depan tingkat SD, SMP, SMA dan PAUD sudah mulai dibuka. Tapi dalam sepekan itu hanya dua hari sekolah tatap muka dan waktunya tiga jam," ungkapnya. 

Dalam hal PTM, Kadis Pendidikan Kabupaten Takalar Irwan menghimbau kepada sekolah yang ingin membuka sekolahnya agar kiranya menyiapkan persyaratan yang telah dituangkan dalam SKB 4 Menteri. 

"Seperti Gurunya harus sdh di vaksin semua. Punya tempat cuci tangan dan tetap menjaga jarak," pungkas Kadis.

Penulis : Abdul Kadir

Editor : Herlin Sadid

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Kabar Serupa :
Sponsor
Polres Takalar Gelar Vaksinasi Berhadiah Handphone
Kabar Takalar

Polres Takalar Gelar Vaksinasi Berhadiah Handphone

15.06.2021 - 14:07
Sponsor
Desa Soreang Takalar, Jadi Percontohan  Germas
Kabar Takalar

Desa Soreang Takalar, Jadi Percontohan Germas

14.06.2021 - 15:32
Sponsor
Menko PMK RI Kunker ke Takalar, Ini Harapan Wabup
Kabar Takalar

Menko PMK RI Kunker ke Takalar, Ini Harapan Wabup

11.06.2021 - 10:06
Pelindo
Pemkab Jeneponto
Bank Sulsel Bar