PT PERTAMINA

CEK FAKTA : Aksi Begal di Makassar Marak

Bank Sulsel Bar
CEK FAKTA : Aksi Begal di Makassar Marak

KabarMakassar.com -- Ramai beredar pesan berantai di sejumlah grup WhatsApp yang meminta warga Kota Makassar untuk berhati-hati atas maraknya aksi begal.

Dalam pesan tersebut, menyebut aksi begal marak terjadi di waktu larut malam hingga subuh di beberapa wilayah yaitu Barombong, Veteran Selatan, Galangan Kapal Tol, Pannampu, Antang, BTP, Daya Paccerakkang, Kapasak Tol dan Sudiang. Adapun isi pesan tersebut yaitu:

Assalamu Alaikum Wbr...!!
Dihimbau kepada seluruh warga masyarakat Khususnya bagi Pengendara  "R2 dan R4"  agar senantiasa lebih Berhati2 dan Waspada terhadap Pembegalan yg marak terjadi Akhir2 ini,, Hindari perjalanan di Area yg sepi dan waktu larut malam serta Subuh hari...!!

Tolong disebarkan..
Himbauan ini semoga bisa bermanfaat bagi kita anak2 kita serta keluarga kita, Amin…
Cat...
Wilayah/ Jalur Yang dianggap Rawan di Makassar :...
~ BAROMBONG
~ VETRAN/ Vtr. Selatan
~ Galangan Kapal Tol
~ Pannampu
~ ANTANG
~ BTP
~ DAYA  =>Paccerakkang/
                =>Kapasak Tol
~ SUDIANG.
Terimakasih atas perhatiannya...!!.

 

Hasil Cek Fakta 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kapolretabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana memastikan informasi yang beredar itu tidak benar.

“Berita tersebut hoax, untuk masyarakat tetap tenang dan tidak panik atas adanya informasi bodong tersebut,” tegasnya, Rabu (9/6).

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak termakan oleh informasi hoaks dan mempercayakan soal keamanan dan ketertiban masyarakat pada aparat kepolisian.

“Tetap tenang dan tidak termakan informasi hoaks, dan warga agar mempercayakan soal keamanan dan ketertiban masyarakat pada aparat kepolisian,” pungkasnya.

 

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan Kapolretabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana sebelumnya, dapat dipastikan bahwa informasi yang beredar mengenai maraknya aksi begal di waktu larut malam hingga subuh di beberapa lokasi tersebut adalah Hoax.

Penulis : Ardiyanti

Editor : Herlin Sadid

Pemprov Sulsel
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Bank Sulsel Bar