PDAM Makassar

Saling Klaim Batas dengan Gowa, Pemkab Jeneponto Lapor ke Pemprov

Bank Sulsel Bar
Saling Klaim Batas dengan Gowa, Pemkab Jeneponto Lapor ke Pemprov
Sekertaris Daerah Kabupaten Jeneponto, Syafruddin Nurdin saat berada di Ruang Pola Panrannuanta. (Foto: Nasrullah Patha).

KabarMakassar.com -- Pemerintah Kabupaten Jeneponto menanggapi secara serius tentang persoalan perbatasan antara Kabupaten Jeneponto dengan Kabupaten Gowa.

Sekertaris Daerah Kabupaten Jeneponto, Syafruddin mengungkapkan terdapat ribuan warga Jeneponto yang berada di perbatasn Jeneponto-Gowa yang diklaim oleh Pemerintah Kabupaten Gowa.

"Terdapat 1.500 jiwa di Desa Pappalluang yang diklaim oleh Pemerintah Kabupaten Gowa adalah wilayah Kabupaten Jeneponto. Itu ditinjau dari segi administratif, historis, peta rupa bumi Google Earth dan fasilitas yang selama ini dibangun dari APBD," ungkapnya di ruang Pola Panrannuanta Kantor Bupati Jeneponto, Senin, (7/6).

Ia mengatakan pihaknya akan memberikan laporan terkait hal tersebut, lengkap dengan data dukungan yang dimiliki oleh tim tapal batas kabupaten Jeneponto.

"Dukungan Administratif oleh Kabag Pemerintahan, dukungan regulasi oleh Asisten Pemerintahan atau Kabag Hukum, dan Kesesuaian RT/RW perbandingan antara hasil Mapping Topografi Daerah Militer (Topdam) dengan Peta Rupa Bumi Google Earth," ujarnya. 

Lebih lanjut, Syafruddin Nurdin menuturkan pihaknya akan segera mengajukan pelaporan tersebut ke Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Kami telah memerintahkan tim untuk meyusun narasi laporan ke provinsi berdasar defakto historis Desa Pappalluang diberikan oleh Karaeng Bangkala, infrastruktur dibangun dari APBD dan hak politik masyarakatnya yang disalurkan atas nama Kabupaten Jeneponto," tuturnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Sekertaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan daerah-daerah yang masih ada persoalan batas-batas daerah dengan Kabupaten Gowa.

“Insya Allah ke depan kami bersama SKPD bersangkutan akan mempersiapkannya dan berkoordinasi dengan daerah-daerah yang masih ada persoalan batas-batas daerah dengan Gowa,” ungkap Kamsina.

Kamsina mengaku, Gowa merupakan kabupaten penyangga Kota Makassar sehingga permasalahan batas antara Makassar dan Gowa pun akan segera diselesaikan. Begitu juga dengan batas Maros-Gowa, batas Jeneponto-Gowa dan batas Bantaeng-Gowa. 

 

Penulis : Nasrullah Patha

Editor : Herlin Sadid

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Kabar Serupa :
134 Warga Desa Kaluku Ikuti Vaksinasi Covid-19
Kabar Jeneponto

134 Warga Desa Kaluku Ikuti Vaksinasi Covid-19

13.07.2021 - 07:04
Tenaga Medis Covid-19 Ditolak Warga Bangkala
Kabar Jeneponto

Tenaga Medis Covid-19 Ditolak Warga Bangkala

05.07.2021 - 17:10
Pelindo
Pemkab Jeneponto
Bank Sulsel Bar