PDAM Makassar

Komunitas Gustallcom, Ubah Wajah Pulau Gusung Makin Eksotis

Bank Sulsel Bar
 Komunitas Gustallcom, Ubah Wajah Pulau Gusung Makin Eksotis
Pesona pantai di Pulau Gusung Makassar. (AL/)

KabarMakassar.com -- Berangkat dari naluri dan rasa cinta terhadap lingkungan, sekelompok masyarakat yang menamai dirinya Gusung Tallasa Community atau disingkat dengan Gustallcom, mengubah wajah pulau Gusung menjadi semakin eksotis.

Pulau yang terletak di wilayah selatan Kota Makassar ini menjadi destinasi wisata baru khususnya di pesisir pantai Makassar. Selain pantainya yang begitu asri, biru laut dan terumbu karangnya juga sudah semakin membaik.

Jika dibandingkan dengan dua tahun silam, kondisi pulau Gusung seperti kembali pada marwahnya.

Layaknya pantai di Bali, pulau gusung kini menjadi incaran para pelancong lokal.
 
Inisiatif Komunitas

Semua berawal sejak komunitas Gustallcom hadir dan mengubah wajah pulau Gusung menjadi semakin menarik.

Mereka adalah masyarakat terdidik yang terdiri dari beberapa pendiri, sebut saja Prof. Mansur Nasir selaku Presiden Gustallcom, Asriadi Arsal sebagai Sekjen, serta Dewan pendiri dari beberapa akademisi seperti Baharuddin Abu, Prof Hasanuddin Tahir, dan Prof. Rusnadi Padjung.

Semua berawal sejak pandemi covid menyerang, mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengunjungi daerah yang terpencil namun mudah untuk dijangkau.

Prof. Mansur Nasir kemudian bercerita, dirinya bersama rekan sejawatnya tiba di Pulau Gusung dengan niat ingin rekreasi, namun sangat kaget saat melihat kondisi pulau ini sangat memprihatinkan. Sampah di mana-mana, terumbu karang rusak, serta aktivitas nelayan  yang mencoreng pulau tak berpenghuni tersebut.

"Berangkat dari rasa cinta kammi terhadap lingkungan utamanya pesisir Kota Makassar, maka kami berinisiatif untuk menjadikan tempat ini layak wisata. Kami mengumpulkan donasi secara patungan untuk membeli aksesoris pantai. Ada payung, ada meja, ada kursi, ada tempat santai dan seluruh fasilitas di sini atas bantuan dari teman-teman dan member Gustallcom," ujar Prof. Mansyur, Minggu (23/5).

Akses Menuju Pulau Gusung

Pulau ini terbilang sangat mudah diakses, jaraknya yang begitu dekat hanya sekitar 15 menit dari pelabuhan nelayan Kayubangkoa Makassar menggunakan kapal nelayan.

Tak ada alasan menolak untuk mengunjungi pulau Gusung ini, apalagi di akhir pekan bersiaplah berangkat lebih awal karena pengunjung akan membludak.

Biaya yang Diperlukan

Menggunakan kapal nelayan, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp20 ribu untuk perjalanan pulang pergi ke pulau ini, dan memasuki area pulau, anda hanya memberikan tip seikhlasnya ke penjaga pulau untuk biaya kebersihan dan keamanannya.

"Bayar saja seikhlasnya, kami tidak menerapkan tarif di sini, saya dan suami saya menjaga pantainya dan pembersihan setiap hari," ujar Sukma (34) selaku penjaga pulau Gusung.

Suka mengaku, selama 10 tahun tinggal di Pulau Gusung, baru kali ini dirinya dan suami merasa sangat bertanggung jawab terhadap kebersihan pulau tersebut, pasalnya ia dan keluarganya juga bisa hidup dari penghasilan sedekah pengunjung.

Kekurangan Fasilitas

Meski tampilan pulau Gusung semakin membaik, namun sejumlah fasilitas di sini tidak memadai. Pertama tak ada dermaga untuk kapal bersandar, selain itu fasilitas air tawar untuk bersih-bersih belum ada, serta tak ada toilet umum.

"Kita harapkan ada sentuhan dari pemerintah khusus pulau ini, baik itu pemerintah Provinsi maupun kota," ujar Baharuddin Abu, selaku pendiri komunitas.

Agenda Selanjutnya

Komunitas gustallcom tak berhenti sampai di sini, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan baik BUMN, Pemerintah dan Swasta.

Pihaknya akan mencoba gebrakan baru dengan mengubah terumbu karang di laut sekitar pulau ini semakin membaik.

"Kami akan lakukan transplantasi terumbukarang dan melibatkan masyarakat, saat ini sudah ada beberapa spot diving yang menarik di sini, di sebelah utara ada 10 spot, dan di sebelah timur ada 6 spot terumbu karang," kata Asriadi Arsal.

Penulis : Redaksi

Editor : Al Amin

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Kabar Serupa :
Pemkab Bantaeng akan Benahi Air Terjun Bissappu
Kabar Pariwisata

Pemkab Bantaeng akan Benahi Air Terjun Bissappu

03.06.2021 - 14:26
Indahnya Air Terjun Mata Buntu Wasuponda
Kabar Pariwisata

Indahnya Air Terjun Mata Buntu Wasuponda

17.05.2021 - 07:30
Nikmati Kuliner Nasu Palekko Tengah Sawah di Pinrang
Kabar Pariwisata

Nikmati Kuliner Nasu Palekko Tengah Sawah di Pinrang

11.04.2021 - 16:23
Gogosok Kuliner Khas Kota Makassar
Kabar Pariwisata

Gogosok Kuliner Khas Kota Makassar

10.04.2021 - 12:11
Pelindo
Pemkab Jeneponto
Bank Sulsel Bar