PDAM Makassar

Ratusan Personel Dikerahkan Polres Jeneponto Jaga Keamanan Malam Takbiran

Bank Sulsel Bar
Ratusan Personel Dikerahkan Polres Jeneponto Jaga Keamanan Malam Takbiran
Posko Terpadu lebaran 2021 yang terletak di jantung Kota Jenponto.

KabarMakassar.com -- Kepolisian Resort Jeneponto mengamankan sejumlah titik keramaian yang dipadati oleh para pengendara di Kabupaten Jeneponto.

Hal ini dibenarkan KabagOps Polres Jeneponto, AKP Muh Thamrin usai dikonfirmasi langsung di posko Terpadu lebaran 2021 oleh Tim KabarMakassar.com, Selasa, (12/04)

"Dalam rangka hari raya idul fitri diawali operasi ketupat malam takbiran, dan khusus untuk malam ini, bagaimana kita bisa menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang berkerumun sehingga bisa terhindar dari covid-19. Kemudian kita juga menghimbau masyarakat agar tetap siaga atau berhati-hati dalam setiap kegiatannya karena ini adalah kegiatan tahunan yang dianggap sebagai kegiatan yang sedikit lebih longgar, namun, kami dari petugas harus memberikan pengertian dan penyuluhan agar bisa tertib," ujarnya.

Kompol Muh Thamrim mengungkapkan, jika ia menerjunkan ratusan personil gabungan untuk mengamankan pelaksanaan malam takbiran.

"Kami menurunkan personil Polri sebanyak 180 orang, TNI 25 orang, Satpol PP 25 orang, Dishub 25 orang," ungkapnya.

Ia pun mengaku, jika pengamanan malam takbiran ini juga dilakukan di setiap posko Keamanan yang ada.

"Kami juga menyiapkan personil di setiap Pospam yang kita gelar dan sama halnya apa yang kita lakukan untuk pengamanan yang kita lakukan," jelasnya.

Kendati demikian, operasi yang digelar pada malam ini bukan hanya dilakukan di setiap posko keamanan yang ada. Namun, kami juga melakukan patroli di setiap titik untuk membubarkan kerumunan.

"Untuk gelaran operasi pengamanan yang kita lakukan, kami tidak terfokus di setiap poskam yang ada, namun, kami juga melakukan patroli dengan skala besar untuk membubarkan masyarakat yang berkerumun," bebernya.

Lebih jauh, Kompol Muh Thamrin menambahkan, jika operasi yang digelar pada malam takbiran ini, pihaknya mengamankan sejumlah kendaraan yang melakukan pawai takbir keliling.

"Kami mendapati sebanyak 4 unit mobil pick-up yang ingin mencoba melakukan takbir keliling dan mengamankan masing-masing penanggung jawabnya dan kami perintahkan untuk menghadap ke Polres, dalam hal ini, Ketua Satgas Covid-19, "tambah Kompol Muh Thamrin.

Olehnya itu, ia menyerahkan masing-masing urusan ini ke Ketua Satgas Covid-19 yaitu Kapolres sendiri dan sanksinya kita belum tahu.

"Untuk sanksinya sendiri, nanti kita lihat seperti apa kerumunannya, seperti apa pelanggaran prokesnya semuanya tergantung dari hasil laporan kami kepada Ketua  Satgas Covid-19, dalam hal ini pelaksana hariannya adalah Kapolres kemudiam ada tim dari Dinas Kesehatan," pungkasnya.

Penulis : Nasrullah Patha

Editor : Al Amin

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Pemkab Jeneponto
Bank Sulsel Bar