PDAM Makassar

Tak Miliki Suket, Pemkab Jeneponto Sediakan Swab Gratis Bagi Pemudik

Bank Sulsel Bar
Tak Miliki Suket, Pemkab Jeneponto Sediakan Swab Gratis Bagi Pemudik
Petugas Satgas Covid-19 saat melakukan swab test kepada pemudik yang melintas di Pos Opr Ketupat 2021 Bangkala Barat. (Foto: Nasrullah Patha).

KabarMakassar.com -- Pemerintah Kabupaten Jeneponto memberikan layanan gratis swab  bagi masyarakat yang ingin mudik namun tidak memiliki surat keterangan bebas Covid-19. 

Hal ini diungkapkan oleh, Kepala Bidang Pencegahan dan Penularan Penyakit (P2P) Dinkes Jeneponto, Suryaningrat saat dikonfirmasi oleh KabarMakassar.com, Senin, (10/05).

"Bagi calon pemudik yang akan ke kampung halamannya, namun, tak membawa surat antigent, rapid test, atau pun bukti isin melintasnya, pihak Dinkes menyediakan swab gratis," ujarnya.

Ia menuturkan, layanan ini diberikan kepada seluruh masyarakat baik yang sekedar melintas di Kabupaten Jeneponto maupun dengan tujuan Kabupaten Jeneponto."Berlaku untuk semua," katanya.

Jubir Satgas Covid-19 ini mengatakan, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto saat ini menyediakan ratusan alat swab gratis bagi calon pemudik yang akan melintas. 

"Kami siapkan sementara 225 pcs. Dan kami Sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Yang jelas kami hanya menyediakan dulu dan diliat perkembangannya, kalau membutuhkan akan ditambah," ungkapnya.

Lebih lanjut, Suryaningrat menjelaskan layanan ini diadakan sesuai dengan jadwal penyekatan.

"Sampai tanggal 17 Mei sesuai surat edaran Satgas pusat nomor 13 Tahun 2021. Kebijakan Penyekatan berlaku semua daerah, untuk pemeriksaan Swab katanya berlaku juga di Bantaeng, Kabupaten lain saya tidak tahu," pungkasnya.

Penulis : Nasrullah Patha

Editor : Herlin Sadid

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Pemkab Jeneponto
Bank Sulsel Bar