PDAM Makassar

Musisi Bugis Geram Banyak Youtuber 'Cover' Lagu Tanpa Izin

Bank Sulsel Bar
Musisi Bugis Geram Banyak Youtuber 'Cover' Lagu Tanpa Izin
Sejumlah Musisi Bugis Geram Banyak Youtuber 'Cover' Lagu Tanpa Izin.

KabarMakassar.com -- Para musisi dan pencipta lagu bugis geram, akibat maraknya pelaku konten kreator melakukan 'cover' (menyanyikan ulang) lagu bugis secara ilegal di media sosial khususnya di YouTube.

Musisi lagu daerah Sulawesi ini angkat bicara melalui forum pencipta lagu bugis yang dibentuk siang tadi di Studio Gilang Record, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Rabu (5/5). Kegeraman mereka disebabkan penciplak lagu tanpa seijin sang pencipta.

"Kegeraman kami ini akibat banyaknya penciplak lagu dan musik bugis tanpa seijin sang penciptanya," kata Aidil Zhimichu  salah satu penyanyi bugis yang hadir dikegiatan tersebut.

Aidil Zhimichu mengapresiasi para senior pencipta lagu berkumpul dan membuat forum Pencipta Lagu Bugis sebagai wadah penyampaian aspirasi.

"Dimana Hasil pertemuan ini mengungkapkan menertibkan pengcover lagu yang tanpa izin membawakan lagu-lagu bugis tanpa sepengetahuan penciptanya. Dan akan menghentikan pengupload lagu baik itu secara live atau reupload video yang tidak memiliki izin dari pencipta lagu," bebernya.

Lanjut Aidil, dalam forum itu juga akan memberikan kesempatan kepada pendatang baru untuk cover lagu dengan arahan dan aturan sesuai hukum yang ada.

"Untuk penyanyi pendatang baru, kita akan bina dan memberikan kesempatan untuk cover lagu, namun dengan aturan hukum yang ada. Itu pun harus dengan persetujuan dari pencipta lagu yang sah," ujarnya.  

Sekedar diketahui dalam pertemuan itu dihadiri langsung oleh musisi lagu daerah bugis seperti Ancha S, Supri Ririn, Ancha Mahendra, Dharman Shanrego, dan beberapa pelaku seni lainnya.

Penulis : Rudi Hartono

Editor : Al Amin

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Pemkab Jeneponto
Bank Sulsel Bar