PDAM Makassar

Gedung Direnovasi, Petugas Kesehatan Lakukan Pelayanan di Bawah Pohon

Bank Sulsel Bar
Gedung Direnovasi, Petugas Kesehatan Lakukan Pelayanan di Bawah Pohon
Salah satu pasien ibu hamil saat menjalani pemeriksaan di bawah pohon. (Foto: Nasrullah Patha).

KabarMakassar.com -- Petugas medis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)Togo-Togo Kecamatan Batang, Kabupaten Jeneponto, terpaksa melakukan pelayanan emergency di bawah pohon di Halaman Rumah Jabatan Camat Batang.

Hal ini terpaksa dilakukan lantaran gedung Puskesmas Togo-togo sedang dalam renovasi dan tidak adanya bangunan sementara yang dapat difungsikan untuk melakukan pemeriksaan pasien.

Ironisnya, pelayanan kesehatan itu dilakukan dibawa pohon besar, dimana pasien dan petugas sama-sama beresiko tertimpa  ranting pohon.

Dari pantauan Tim KabarMakassar.com di lokasi, terlihat petugas medis melakukan pelayanan di bawah pohon sejak pukul 08.00 Wita sampai pukul 14.00 Wita, Selasa (04/05).

Kepala Puskesmas Togo-togo, Imran Rosady mengatakan, tak adanya lokasi membuat dirinya tak bisa berbuat banyak. Ia mengaku, bahwa lokasi yang saat ini digunakan cukup berbahaya bagi petugas medis dan pasien.

"Kita melakukan pelayanan ini karena urgen. Sebenarnya sangat berisiko sekali cuman apa boleh buat," ujarnya saat ditemui di lokasi pelayanan.

Ia mengaku, dengan situasi tersebut, pihaknya tidak menerima pasien rawat inapdan persalinan. Pelayanan di bawah pohon dilakukan dengan menggunakan fasilitas medis yang ada.

"Jadi pasien rawat jalan, pasien persalinan, pasien untuk konsultasi, gizi dan imunisasi. Untuk saat ini rawat inap kita tiadakan dan persalinan kita arahkan ke puskesmas terdekat," pungkasnya.

Penulis : Nasrullah Patha

Editor : Herlin Sadid

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Pemkab Jeneponto
Bank Sulsel Bar