Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Gelar Talkshow Jurnalistik

Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Gelar Talkshow Jurnalistik

KabarMakassar.com-- Sebagai negara dengan mayoritas berpenduduk muslim, Indonesia memiliki banyak hijabers muda yang aktif dengan berbagai kegiatan. Kegiatan yang dilakukan para hijabers muda adalah kegiatan-kegiatan yang berangkat dari passion mereka, salah satunya passion di bidang jurnalistik.

 Sebagai komunitas yang memberi perhatian lebih kepada dunia jurnalistik dan public speaking, Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) menggelar talkshow jurnalistik bertajuk “Lets be Hijabers Aktif dan Sehat”, pada 29 April 2018 di Park 5 Hotel, Cilandak, Jakarta. Acara ini turut diikuti lebih dari 80 hijabers muda yang ingin mengembangkan pengetahuan mereka di bidang jurnalistik. Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Acara yang digelar oleh KJB ini menghadirkan narasumber-narasumber yang juga merupakan anggota KJB, diantaranya Jurnalis Trans7, Hanidah Zaki dan Jurnalis Suara.com, Ummi Hadyah Saleh. Presiden Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB), Trifty Qurrota Aini mengatakan acara ini dipandu oleh member KJB yang juga merupakan jurnalis SCTV, Maya Rachma.

"Talkshow ini dikemas secara interaktif dan menyenangkan, karena bukan saja mendengarkan pemaparan dari para jurnalis tentang jurnalistik, para peserta juga diajak untuk mencoba menjadi reporter melalui live report games”, ujar Trifty. Dan para hijabers muda ini berasal dari beragam kalangan, diantaranya mahasiswa dan komunitas hijabers lainnya. Biasanya hijabers aktif memiliki permasalahan rambut, diantaranya rambut rontok, ketombe, dan lain-lain. Oleh karena itulah Komunitas Jurnalis Berhijab menggandeng Azalea Hair Care untuk memberikan solusi rambut sehat meskipun aktif dalam kegiatan jurnalistik. “Komunitas Jurnalis Berhijab sangat berharap bahwa dengan adanya acara ini, minat para hijabers muda terhadap dunia jurnalistik akan semakin meningkat dan solusi masalah rambut bagi hijabers dapat diatasi”, imbuhnya.

 Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Talkshow Jurnalistik tersebut turut didukung oleh berbagai pihak, diantaranya Tamasia, Carousell, Hoodistro, dan berbagai brand hijab seperti Hello Kahanu dan Hijab Ware House. Selain itu, para peserta juga dihibur dengan penampilan fashion show dari LNP Modelling. Komunitas Jurnalis Berhijab berdiri sejak tahun 2012. Hingga kini total jumlah anggota komunitas ini adalah lebih dari 100 orang. Visi KJB adalah menjadi wadah aktualisasi bagi para jurnalis berhijab di berbagai bidang dan menjadi perekat ukhuwah islamiyah bagi para jurnalis berhijab.  

Pada tahun 2012 komunitas ini diinisiasi oleh dua orang jurnalis dari berbeda media, Trifty Qurrota Aini yang saat itu bekerja di Metro TV dan Andyani Purnama yang saat itu bekerja di MNC TV. Disebutkan pula bahwa Komunitas Jurnalis Berhijab ini memiliki berbagai acara, diantaranya menjadi pembicara pada acara seminar dan workshop jurnalistik di sejumlah sekolah dan universitas. “Bukan hanya tentang jurnalistik, KJB juga sering menjadi trainer public speaking di berbagai panti asuhan dan acara komunitas hijabers lainnya”, beber alumni Northumria University Newcastle, UK ini. 

Ini kegiatan Talkshow Jurnalistik KJB Kegiatan Komunitas Jurnalis Berhijab diantaranya:
1. Menjadi Pembicara dalam Workshop Jurnalistik, Cinere Bellevue Mall 
2. Menggelar Sharing Session Jurnalistik dan Kesehatan rambut bagi Hijabers, Park 5 Hotel Jakarta 
3. Menjadi pembicara dalam seminar dan workshop Jurnalistik Pesta Pendidikan, Kementrian Pendidikan Indonesia
 4. World Hijab Day 2018
 5. Workshop Jurnalistik MTs Negeri II Pamulang, Tangerang, Banten 
6. Workshop Jurnalistik Rumah Gemilang Indonesia, Al-Azhar, Depok, Jawa Barat 
7. Pelatihan Jurnalistik Universitas Yarsi, Jakarta
 8. Workshop Kehumasan 2016, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat 
9. Workshop Jurnalistik Panti Asuhan Nasyiatul Aisyiah, Tebet, Jakarta
 10. Pelatihan Public Speaking di Hijab School Indonesia
 11. Talkshow Jurnalistik, Pesta Pendidikan Jakarta
 12. Fashion Show Busana Muslim, Fx, Senayan 13. Pelatihan Public Speaking di Pondok Pesantren Daarul Fikri Andalusy, Bogor, Jawa Barat
 14. Kerjasa Sama Kegiatan Keislaman Bersama Komunitas HijraHeart Indonesia 
15. Kegiatan Charity Penggalangan Buku untuk Daerah Perbatasan Malinau, Kalimantan Utara 16. Kegiatan Charity Penggalangan Dana Untuk Korban Bencana Alam dan Kaum Dhuafa 
17. Pengajian 
18. Pelatihan Jurnalistik Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah DKI Jakarta, Tebet, Jakarta. [Nur Fadhilah Sophyan]

Penulis :

Editor :