PDAM Makassar

Tempo Bersama KabarMakassar Memulai Kolaborasi Proyek Tempo Witness

Bank Sulsel Bar
Tempo Bersama KabarMakassar Memulai Kolaborasi Proyek Tempo Witness

KabarMakassar.com -- Tempo bersama Kabarmakassar memulai proyek kolobarasi jurnalisme warga yang dimulai hari ini, Senin (29/3). Proyek ini dibiayai Open Socitlety yang melibatkan sejumah jurnalis di Sulawesin dan maluku. 

Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari yakni 29-31 Maret dan 1-2 April 2021 yang digelar secara virtual. 

Sebanyak 16 peserta dari bergai media asal Sulawesi dan Maluku mengikuti kegiatan tersebut.

Bertindak sebagai Traener, Harry Surjadi mengatakan Tempo Witness adalah pengembangan dari konsep jurnalisme warga (citizen journalism) menjadi konsep jurnalisme rakyat, dimana komunitas menjadi jangkar penyampaian informasi.

“Tempo  Witness fokus pada pelaporan fakta dari hasil obsevasi di lapangan terutama pada daerah yang termarjinalkan,” katanya.

Peserta akan mendapatkan sejumlah materi diantaranya, materi sesi pertama Konsep dan filosofi jurnalisme rakyat dan konsep dasar TempoWitness, sesi kedua Kompetensi sebagai trainer dan keterampilan trainer online, sesi ketiga Materi jurnalisme dasar untuk jurnalis rakyat.

Sesi keempat Cara berpikir mengenai informasi, sesi lima Aplikasi TempoWitness, dan sesi enam Peserta mempraktikkan menjelaskan topik dasar jurnalisme rakyat TempoWitness.

Adapun nama-nama peserta yakni Yosep Suprayogi, Zainal A. Ishaq, Sofyan Basri, Rudi Hartono, Fritz V Wongkar, Fitriani Lestari M, Qodriansyah Agam Sofyan, Aan Pranata, Dian Muhtadiah Hamna, M Djufri Rachim, Abdul Karim Angkotasan, Nurdin Amir, Al Amin Dursan, Rahma Amin, Muhammad Iqbal, Ridwan Marzuki.

Untuk diketahui, Jurnalisme rakyat (Citizen journalism) bertajuk TempoWitness ini resmi dilaunching oleh Tempo pada 27 November 2019 lalu.

TempoWitness adalah kontribusi Tempo untuk menguatkan komunitas termarginalkan dengan konsep jurnalisme rakyat. Dimana perangkat digital ini diharapkan bisa membantu mencari solusi untuk masyarakat yang selama ini seolah terlupakan oleh media.

Project yang disokong oleh Kurawal Foundation ini pertama kali dicetuskan oleh Harry Surjadi, jurnalis senior yang aktif di isu lingkungan dan sains. Pada 2011 pernah digagas TempoSMS, program citizen journalisme yang memberi akses warga menyampaikan informasi kepada Tempo via pesan pendek atau SMS.

Sekitar 600 warga dari Aceh, Riau, Kalimantan Barat, Kalimatan Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan ikut terlibat. Para jurnalis warga itu terlebih dulu diberi pelatihan jurnalistik dasar selama dua hari. Program TempoSMS juga sempat bekerja sama dengan RuaiTV, ICFJ, Satgas REDD+, BP REDD+, WWF Indonesia, RECOFTC.

TempoWitness adalah hasil pengembangan dari TempoSMS. Konsep dasarnya tetap pada penguatan komunitas dan warga untuk menyampaikan informasi sesuai dengan kaidah jurnalistik yang selanjutnya bakal dipublis Tempo. Bedanya, TempoWitness lebih tidak lagi berbasis SMS namun berbasis aplikasi untuk smart phone. Warga tidak hanya akan menyampaikan laporan dalam bentuk teks, sekaligus dalam bentuk audio maupun video.

Penulis : Rudi Hartono

Editor : Herlin Sadid

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Kabar Serupa :
Pelindo
Bank Sulsel Bar