7 Ide Peluang Usaha yang Menguntungkan di Bulan Ramadhan

 7 Ide Peluang Usaha yang Menguntungkan di Bulan Ramadhan

KabarMakassar.com-- Bulan Ramadhan sudah semakin dekat, pastinya banyak orang kreatif yang mencoba untuk memutar otak bagaimana caranya mendapatkan pemasukan yang pastinya menjanjikan dan menguntungkan tanpa harus mengganggu aktivitas di bulan suci ramadhan. Hal yang demikian ini jika ditekuni dengan baik, maka akan menghasilkan suatu bisnis yang nantinya akan mendatangkan keuntungan yang luar biasa banyaknya. Tidak mengherankan jika pada bulan puasa banyak orang yang kemudian menjajal berbagai jenis peluang usaha di bulan ramadhan yang nampaknya akan memberikan pemasukan tambahan bagi mereka.

Berbicara mengenai peluang usaha yang laris dan menguntungkan di bulan ramadhan, bisa dikatakan bahwa ada banyak sekali jenis usaha dan bisnis yang bisa direalisasikan. Namun, hal yang demikian ini juga tetap tergantung dari para pelaku usahanya yang memang harus memiliki kecerdasan dalam melihat peluang usaha yang menguntungkan di bulan suci umat islam tersebut. Hasil itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan produk apa yang paling banyak dibutuhkan atau laris dijual selama bulan puasa.

 
Apa Saja Peluang Usaha Yang Laris Dan Menguntungkan Di Bulan Ramadhan?
Banyak sekali peluang usaha yang laris dan menguntungkan di bulan ramadhan yang bisa anda jajal. Untuk memulai usaha tersebut bisa dengan modal kecil dan besar sesuai dengan jenis usaha yang diambil. Sebagai contoh usaha yang modalnya kecil yaitu usaha makanan dan minuman berbuka puasa. Sedangkan contoh usaha yang memerlukan modal cukup besar yaitu usaha dibidang fashion dan rental kendaraan.
Jika memang anda ingin mencoba keberuntungan dengan membuka peluang usaha yang menguntungkan dan laris, beberapa alternatif berikut ini bisa dijadikan sebagai pemikiran untuk anda yang ingin mendapatkan keuntungan di bulan penuh berkah ini. Berikut 7peluang usaha di Bulan Ramadhan yang laris dan menguntungkan.
Peluang Usaha di Bulan Puasa Ramadhan yang Laris

Memasuki Bulan Puasa Ramadhan ada beberapa jenis usaha yang produknya laris dan peluangnya sangat menguntungkan. Apa saja? yuk, simak info lengkapnya:

1. Usaha makanan paket sahur
Puasa sangat identik dengan kegiatan sahur. Bagi anda yang merupakan penghuni kamar kos, terkadang akan kerepotan ketika harus menyiapkan menu makanan sahur. Dengan merujuk bahwa sahur merupakan suatu hal yang dinilai sebagai suatu kegiatan yang sunah, maka untuk menjaga agar kuat berpuasa seharian penuh, maka peluang usaha yang laris di bulan ramadhan yang bisa anda jajal adalah dengan mencoba untuk membuka usaha menu paketan makanan sahur. Cara yang demikian ini bisa anda lakukan dengan mencoba untuk menawari pihak mereka yang tinggal di kos yang selalu ingin sesuatu yang praktis dan pastinya sehat. Dalam hal ini, anda yang memanfaatkan bulan ramadhan dengan berjualan makanan paket sahur ini bisa menawarkan paket makanan sahur kepada anak kos ataupun mereka yang ingin praktis. Dengan cara yang demikian ini, maka anda bisa meraup keuntungan yang lumayan besar.

2. Berjualan menu makanan takjil
Sudah pastinya, jika pada bulan puasa selalu banyak dijumpai orang-orang yang membuka stand makanan yang ada di pinggiran jalan. Cara yang demikian ini merupakan pemikiran kreatif yang dilakukan oleh mereka yang ingin mendapatkan keuntungan dari bulan ramadhan. Makanan yang telah diolah dengan ragam yang sangat menarik merupakan suatu hal yang pastinya bakalan membuat para pembeli tergoda untuk mencicipi makanan yang ditawarkan tersebut. Untuk itu, bagi anda yang ingin mendapatkan uang lebih dan menambah kesibukan di bulan suci ramadhan, maka anda bisa menjajal usaha berjualan menu makanan takjil di bulan ramadhan seperti es, syrup, lauk ataupun makanan manis seperti kurma dan kolak. Menu untuk takjil sangat laris dan menguntungkan di bulan puasa, mulai dari siang hingga sore hari menjelang berbuka menu makanan takjil diburu kaum muslimin yang sedang menjalankan ibadah puasa.

3. Usaha pakaian dan juga busana muslim
Ramadhan tentunya merupakan nuansa yang kental dengan nilai keagamaan, sehingga banyak orang yang akan memperhatikan cara berpakaiannya. Hampir tidak ada para muslim yang kemudian berpakaian dengan aurat terbuka di bulan yang suci ini. Bahkan, banyak orang yang cenderung mengenakan pakaian yang tertutup. Hal yang demikian ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha di bulan suci ramadhan yang bisa dilakukan oleh anda yang suka fashion. Dalam hal ini, anda bisa berburu berbagai jenis pakaian yang terbilang up to date dengan tetap mengusung nuansa islami yaitu dengan menjual Busana Muslim. Anda bisa memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan membuka usaha busana muslim, anda bisa menawarkan pakaian muslim kepada para tetangga ataupun teman anda yang suka dengan fashion muslim saat ini.
Selain busana muslim anda juga bisa menjual pakaian biasa seperti baju kaos dan kemeja serta celana. Pakaian yang tidak bernuansa islami juga masih tetap diburu di bulan puasa terutama menjelang lebaran, karena banyak orang ingin mengenakan pakaian yang bagus dan baru ketika hari raya idul fitri. Anda bisa pakaian model terbaru yang sedang diminati saat ini terutama pakaian untuk kaum remaja.

4. Bisnis perlengkapan sholat
Jika banyak orang yang kemudian akan memperbanyak ibadahnya pada bulan yang berkah ini, maka banyak orang yang selalu ingin tampil beda dengan memiliki perlengkapan sholat yang baru juga. dengan kata lain, peluang bisnis bulan ramadhan seperti halnya menjajakan produk perlengkapan sholat bisa dilakukan demi mendapatkan keuntungan. Cara yang demikian ini bisa dilakukan sebagaimana cara anda dalam memasarkan produk pakaian kepada teman ataupun kerabat anda. terkait dengan perlengkapan sholat, maka anda bisa memasarkan mukena, sarung ataupun produk lainnya. Dengan menjajal peluang usaha yang demikian ini, maka anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang jumlahnya juga terbilang sangat menggiurkan juga jika ditekuni dengan benar.

5. Usaha Jualan Sandal
Tidak hanya pakaian dan busana muslim yang diburu masyarakat pada bulan puasa. Sandal juga sangat diburu pada bulan ramadahan, hal ini dapat dilihat pada setiap bulan puasa ramadhan toko-toko sendal dan sepatu juga diserbu oleh masyarakat. Yes, memang tak lengkap rasanya pakaian baru tanpa sendal baru. Anda bisa memanfaatkan bulan ramadhan dengan membuka usaha jualan sendal untuk mencari keuntungan yang besar. Biasanya yang banyak mencari sendal yaitu masyarakat menengah kebawah. Jadi, jangan menjual sendal yang terlalu mahal usahakan menjual dengan harga yang terjangkau.
Bisnis Menjelang Lebaran yang Menjanjikan dan menguntungkan menjelang lebaran Idul Fitri ada beberapa bisnis yang menjanjikan dan sangat menguntungkan untuk dijalankan. Bisnis-bisnis tersebut selalu laris dan dicari konsumen setiap tahunnya menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

6. Usaha kue lebaran
Kue lebaran memang suatu hal yang pasti akan sering diperbincangkan oleh para ibu rumah tangga. Momen lebaran yang terkadang masih jauh justru akan diperbincangkan jauh-jauh hari sebelumnya. Hal yang demikian ini tentu merupakan sebuah peluang bagus dan menguntungkan di bulan ramadhan yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan di bulan suci penuh berkah ini. Anda bisa membuat usaha kue lebaran dengan menjual kue lebaran yang beraneka ragam bentuknya. Disarankan untuk melakukan hal ini karena banyak orang yang saat ini lebih suka dengan kue yang memiliki bentuk lucu dengan rasanya yang tentunya juga menggoda. Untuk itu, peluang usaha kue lebaran bisa anda jalankan dengan memanfaatkan kemampuan anda dalam memasak dan membuat kue, guna bisa mendapatkan uang yang jumlahnya menggiurkan untuk kantong anda.

7. Bisnis reservasi tiket
Lebaran yang sebentar lagi akan selalu dipenuhi dengan pikiran untuk pulang kampung. Tentunya, hal ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang cerdas melalui kegiatan bisnis reservasi tiket. Bisnis yang demikian ini tentunya akan banyak diminati oleh banyak orang. Tidak mengherankan jika beberapa agen perjalanan yang menyediakan tiket akan selalu memberikan penawaran menarik untuk anda yang memang membutuhkan tiket pesawat ataupun kendaraan lainnya sebagai sarana transportasi untuk pulang kampung dan bertemu keluarga tercinta.
Selain itu, dikatakan bahwa bisnis reservasi tiket di bulan ramadhan ini sangat menguntungkan karena harga tiket di bulan-bulan yang demikian ini sangatlah tinggi, sehingga dengan jumlah animo penumpang kendaraan tertentu yang terbilang banyak, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang terbilang lumayan juga. 

Sebagai pebisnis kita harus bisa memanfaatkan moment apapun jangan sampai terlewatkan. Terlebih di bulan ramadhan keperluan masyarakat semakin meningkat, sehingga tidak berlebihan jika bulan puasa sering di sebut dengan bulan yang penuh berkah, selain pahala dan pengampunan dari yang maha kuasa semakin terbuka, berkah bulan puasa juga akan terasa pada banyak pelaku usaha yang mencari rezeki halal di bulan yang suci ini.

Sebetulnya hampir sebagian besar bidang bisnis di bulan ramadhan ini dapat mengalami peningkatan yang signifikan, seperti misalnya saja bidang usaha kuliner, fashion, transportasi, dan lain sebagainya.
[Nur Fadhilah Sophyan]

Penulis :

Editor :