Kabar Makassar

Decy Kembangkan Keindahan Pa'Tangke Lumu' Situru Toraja

  • Rubrik : Tokoh
  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : 1 pekan, 5 hari lalu
Decy Kembangkan  Keindahan Pa'Tangke Lumu' Situru Toraja
ilustrasi[ist]

KabarMakassar.com-- Setelah sukses memperkenalkan motif bareallo (the sunrise) di negara paman sam di bulan september 2017, Decy Ramona dengan design terbarunya yaitu Pa'tangke Lumu'Toraja, yang masih mengembangkan ide-ide motif dari Sulawesi selatan, Toraja.

Keindahan motif Pa'tangke Lumu'biasa disingkat dengan Pa'lumu, saat ini dibuat sedikit berbeda, lebih mewah dan elegant dengan sentuhan payet-payet dan design yang lebih modern yang mana motif Pa'lumu dicampur dengan motif daun sirih dan daun bolu agar lebih hidup dan berwarna.

Makna daripada Pa'tangke Lumu' Toraja yaitu diambil dari kata lumut, pengertian dalam masyarakat Toraja adalah keharmonisan keluarga untuk hidup rukun yang mix dengan motif daun sirih atau daun bolu dengan pengertian ' Kiranya Dewa Memberkati'. Tumbuhan lumut banyak dijumpai di daerah tropis dan beberapa daerah lainnya. Terangkatnya motif ini membuat keterikatan satu samalain semakin erat.

Design yang dibuat lebih modern tanpa meninggalkan sifat-sifat modern tanpa meninggalkan sifat cultural yang kuat, sehingga yang memakai design ini dapat merasakan makna serta membawa berkat bagi masyarakat umumnya.

Decy memakai bahan yang sedikit berbeda, yaitu bahan organdi, duches, dan balloteli. Proses pengerjaannya cukup express setiap design besar yang dibuat selalu membutuhkan waktu untuk baju itu sendiri. Proses pembuatan keseluruhannya memakan waktu 1 (satu) bulan dengan team hebat yang setia bekerja satu sama lain.

[Nur fadhilah Sophyan]


Pemprov