Deng Ical Ingatkan ASN Pemkot Makassar Harus Netral

Deng Ical Ingatkan ASN Pemkot Makassar Harus Netral

KabarMakassar.com -- Plt Wali Kota Makassar  Syamsu Rizal mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) bersikap netral di momentum Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018. 

Pesan itu disampaikan Plt Wali Kota Makassar Syamsul Rizal saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXII tahun 2018 di halaman Balaikota, Rabu 25 April 2018.

"ASN harus netral tidak terlibat dalam politik praktis," tegasnya.

Netralitas ASN menurut Syamsu Rizal mutlak dibutuhkan untuk memastikan ASN dapat berlaku profesional dalam menjalankan tugas kesehariannya memberikan pelayanan publik yang prima.

"Jadi jangan sekali-kali ASN memperlihatakan dukungan kepada salah satu calon, karena sanksi tegas akan menanti jika ada ASN tidak netral di pilkada," pungkasnya

Di hadapan peserta upacara, Syamsu Rizal mengingatkan jika ASN mulai terkontaminasi dengan urusan politik maka besar peluangnya bagi ASN mengabaikan tanggung jawab profesionalnya sebagai pelayan publik. 

Momentum Pilkada hendaknya dimaknai ASN sebagai pesta demokrasi untuk menyalurkan hak politiknya di bilik suara saat hari pencoblosan nanti tanpa harus menenggelamkan diri dalam pertarungan politik yang bukan menjadi ranahnya.

Semangat netralitas dan profesional yang didorong  Syamsu Rizal sejalan dengan harapan Menteri Dalam Negeri RI, melalui sambutan seragamnya menekankan kepada seluruh ASN agar menjaga netralitas selama Pilkada mendatang berlangsung. 

Pemerintah tidak akan sungkan memberi sanksi tegas jika ada ASN yang coba - coba menjadi tim sukses calon kepala daerah, juru kampanye, memberikan bantuan fasilitas untuk kampanye atau bentuk tindakan tidak netral lainnya.

Penulis :

Editor :