'Sayur Kelentang' Memiliki Khasiat yang Jarang Diketahui

 'Sayur Kelentang' Memiliki Khasiat yang Jarang Diketahui

KabarMakassar.com-- Buah pohon kelor atau biasa kita kenal dengan nama kelentang ternyata tidak hanya dapat dijadikan sebagai masakan sayur saja. Lebih dari itu, kelentang sebenarnya adalah obat hidup alami yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh para ahli kesehatan, kelentang diketahui memiliki kandungan gizi tinggi dan kaya akan antioksidan serta memiliki sifat anti-inflamasi alami. 

Kelentang yang dalam bahasa inggris bernama "Drumsticks" ini tidak kalah hebatnya. Di negara-negara afrika pohon Moringa oleifera ini banyak ditanam secara masal, karena memiliki manfaat mengatasi global warming sekaliigus daun, buah dan bunganya efektif mengatasi malnutrisi (gizi buruk).

Harganya relatif terjangkau. Apalagi jika di desa, tidak sulit menemukan pohon ini sebagai tanaman pagar atau sekedar tumbuh di pekarangan belakang rumah. Namun siapa sangka, ternyata sayur ini memiliki kandungan nutrisi penting untuk tubuh.

Kandungan nutrisi Klentang berikut ini kandungan gizi dan nutrisi Klentang data menurut Nutrition Healing (per-100g/porsi makan), antara lain :
1. Vitamin C 120 mg
2. Fosfor 110 mg
3. Kalsium 30 mg
4. Besi (Fe) 5.3 mg
Dari jumlah tersebut, kandungan serat mencapai 4.8%, karbohidrat 3.7%, protein 2.5% dan lemak 0.1%. Sayur berserat kaya nutrisi namun rendah lemak.

Kelentang bisa dijadikan sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit, mulai dari yang sifatnya ringan sampai kronis. Kelentang diketahui dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes, anemia, penyakit jantung, penyakit hati, arthritis, gangguan pencernaan, masalah pernapasan, dan penyakit kulit. Lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat luar biasa kelentang bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Sumber Nutrisi
Kelentang merupakan sumber nutrisi alami yang diperkaya dengan vitamin, mineral, dan asam amino. Dalam satu buah kelentang mengandung vitamin A, C, dan E serta mineral seperti kalsium, protein,dan kalium, yang merupakan sumber makronutrien penting yang dibutuhkan oleh tubuh. 

2. Melawan Radikal Bebas
Kelentang memiliki sifat anti-inflamasi dan melawan kerusakan yang disebabkan radikal bebas, terutama yang disebabkan karena stres aksidatif, kerusakan molekul sel dan peradangan. Kelentang mengandung beberapa antioksidan seperti flavonoid, asam askorbat, dan polifenol dalam biji, daun, serta bunganya.

3. Mengurangi Risiko Diabetes
Kelentang secara alamiah dapat membantu mencegah retinopati diabetik. Vitamin A dapat meningkatkan kesehatan mata, menguatkan kornea dan mencegah peradangan. Sementara vitamin C yang ada pada biji kelor dapat mencegah kerusakan pembuluh darah pada orang yang menderita diabetes tipe 1.

4. Melindungi Sistem Kardiovaskular
Kelentang mengandung antioksidan dan sejumlah instrumen alami untuk melindungi kesehatan jantung dan membuat pembuluh darah lebih kuat dan fleksibel.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak
Kelentang mengandung senyawa penting seperti asam folat, asam amino, asam lemak omega-3, dan vitamin E yang merupakan sumber kebutuhan gizi tepat untuk meningkatkan kekuatan otak.

6. Melindungi Organ Hati
Kelentang memiliki kandungan tinggi polifenol, yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan hati terhadap toksisitas dan kerusakan oksidatif.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka
Setiap bagian dari kelor dapat dimanfaatkan untuk membantu mempercepat pembekuan darah dan menyembuhkan goresan (luka jahitan) lebih cepat. Cara menggunakannya bisa dengan dioleskan secara langsung maupun dikonsumsi.

8. Memiliki Sifat Antibakteri dan Antijamur
Daun kelor beserta buahnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara bijinya sangat efektif untuk memerangi infeksi jamur, infeksi urin, dan masalah lain yang berhubungan dengan pencernaan.

Itulah khasiat kelentang yang harus anda ketahui semoga bermanfaat.

[Nur Fadhilah Sophyan]

Penulis :

Editor :