PDAM Makassar

Pemkab Jeneponto Refocusing DAU dan DAK, Siap-siap OPD Menjerit

Bank Sulsel Bar
Pemkab Jeneponto Refocusing DAU dan DAK, Siap-siap OPD Menjerit
Sekda Jeneponto, Syafruddin Nurdin memimpin Coffee morning.

KabarMakassar.com -- Pemerintah Kabupaten Jeneponto kembali disibukkan dengan refocusing anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk sejumlah Organisasi Perangkat  Daerah (OPD).

Untuk itu, pihaknya pun memangkas DAU sebesar 8 persen atau sebanyak Rp 48 miliar untuk penanganan covid-19.

"Saat ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah melakukan rapat pendahuluan untuk pembicaraan awal terkait rencana Rasionalisasi anggaran DAU dan refocusing  anggaran tersebut," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Syafruddin Nurdin, pada saat acara coffee morning di Ruang Pola Panrannuanta Kantor Bupati Jeneponto. Senin, (08/03).

Potongan anggaran DAU oleh pusat, membuat pemda Jeneponto memutar rencana agar semua OPD bisa teratasi biayanya programnya.

Pemerintah pusat bahkan tak tanggung-tanggung melakukan pemangkasan DAU hingga Rp 20 miliar atau 3,2 persen dari total DAU yang diterima. Akibatnya Jeneponto hanya mendapatkan Rp 600 miliar saja.

Diketahui, Kabupaten Jeneponto, dari penetapan DAU TA 2021 pada APBD Pokok sebesar Rp. 624.726.479.000 dipangkas oleh pemerintah pusat sebesar Rp. 20.008.335.000,- atau 3,2 %, sehingga DAU Kabupaten Jeneponto TA 2021 sisa menjadi Rp. 604.718.144.000, yang tentunya secara otomatis juga akan berdampak pada refocusing anggaran pagu belanja seluruh OPD yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Pada kesempatan itu, Syafruddin juga mengatakan pihaknya memanfaatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) berkonsentrasi pada peningkatan tenaga kerja.

"Untuk Dana DAK Fisik TA 2021, pemerintah daerah wajib mengutamakan Penyerapan sebanyak mungkin tenaga kerja lokal dan penggunaan bahan baku lokal," ungkapnya.

Kendati demikian, Pemkab dalam waktu dekat akan melakukan penyesuaian kembali pada APBD dan akan dilakukan kajian dan pembahasan terkait kegiatan-kegiatan yang menjadi target dari Rasionalisasi dan refocusing tersebut.

Penulis : Nasrullah Patha

Editor : Al Amin

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Bank Sulsel Bar