PDAM Makassar

Ratusan Hektar Lahan Transmigrasi di Pinrang Belum Bersertipikat

Bank Sulsel Bar
Ratusan Hektar Lahan Transmigrasi di Pinrang Belum Bersertipikat
Ilustrasi Desa Transmmigrasi. INT

KabarMakassar.com -- Ratusan hektar Kawasan Trasmigrasi di Kabupaten Pinrang belum tersertipikat. Terletak di Dusun Waru dan Dusun Maung, Desa Buttusawe, Kecamatan Duampanua, Pinrang, Sulawesi  Selatan.

Informasi yang dihimpun KabarMakassar.com, kawasan transmigrasi tersebut dibangun sejak tahun 2007 dengan luas sekitar 750 Ha, serta ditarget dapat dihuni 200 Kepala Keluarga (KK). Setiap KK mendapatkan 75 are lahan pekarangan dan 1 Ha lahan produksi.

Namun nyatanya, bukti di lapangan tidak sesuai dengan target pemerintah. Jumlah penghuni yang bertahan di kawasan tersebut hanya sekitar 40 KK.

Saat dikonfirmasi di perangkat desa setempat, memang benar hanya ada 40 KK yang mendiami kawasan tersebut.

“Seharusnya, SP1 dihuni 100 KK dan SP2 dihuni 100 KK. Tapi warga yang bertahan 40 KK atau 40 rumah. Hari demi hari mereka tinggalkan dengan berbagai alasan,” kata Kepala Desa Buttusawe, Abd Karim, Jumat (5/3).

Bahkan Karim juga mengaku, belum ada sama sekali pemeriksaan sertipikat tanah sejak kawasan itu dihuni warga transmigran.

“Tidak ada pi sertipikat tanahnya, kita selalu dijanji Dinas Transmigrasi Pinrang, sebenarnya pihak BPN (Badan Pertanahan Nasional) sudah siap terbitkan itu, tinggal berkasnya dari dinas terkait,” ungkapnya.

Terpisah, Kabid Transmigrasi Disnakertrans Kabupaten Pinrang, Syamsul Bahri mengatakan pihaknya telah melakukan pengusulan sertifikat Kawasan Transmigrasi tersebut ke BPN Pinrang sejak 2020 lalu.

“Kita sudah usulkan itu, tinggal BPN sendiri bagaimana, karena kita tidak bisa campuri. Pengusulan kita berdasarkan KK yang ada atau 200 KK,” pungkasnya.

Hingga kini, baik perangkat desa maupun warga sekitar, masih menunggu sertipikat tanah di kawasan tersebut, karena lembaran itu merupakan keabsahan bagi warga negara terhadap kepemilikan tanah.

Penulis : Rudi Hartono

Editor : Al Amin

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Bank Sulsel Bar