Naik Pangkat, ASN di Jeneponto Wajib Bayar Zakat

Bank Sulsel Bar
Naik Pangkat, ASN di Jeneponto Wajib Bayar Zakat
Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar saat memberikan penghargaan kepada ketua BAZ Jeneponto

KabarMakassar.com -- Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memerintahkan Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Basir Bohari, untuk memberikan syarat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin naik pangkat.

Syarat itu dilakukan para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat segera melunasi zakat malnya di Badan Amil Zakat (BAZ) Jeneponto.

"Kepada ASN yang akan naik pangkat, promosi jabatan dan izin rekomendasi pindah untuk menyelesaikan terlebih dahulu zakat malnya kepada BAZ Jeneponto," ujar Iksan Iskandar saat dikonfirmasi, Selasa, (23/2).

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Jeneponto, H. Malikul Hakkul Mubin menyampaikan harapan kepada Pemkab Jeneponto untuk tetap mendukung BAZ dalam memungut infak dan zakat mal dari masing-masing ASN.

"Saya apresiasi dan penghargaan kepada bapak Bupati Jeneponto terkait zakat mal yang telah diserahkan ke BAZ Jeneponto," pungkasnya.

Di Lain tempat, Sekertaris BKPSDM Taufik  mengatakan, pembayaran zakat ASN lingkup Pemerintah Jeneponto melalui Badan Amil Zakat (BAZ) telah dilakukan sejak dulu.

"Kalau dari Badan Amil Zakat kan sejak dari dulu gaji ASN sudah dipotong, karena memang itu kewajiban kita sebagai pegawai negeri untuk mengeluarkan sedikit dari pendapatan ASN," ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, pemotongan itu wajar karena jumlahnya yang tak seberapa. Serta pemotongan yang dilakukan diarahkan ke pihak BAZ.

"Wajar memang dilakukan pemotongan, karena itu besarannya barangkali hanya sekitar Rp 8.000 hingga Rp 10.000 per ASN," pungkasnya.

Penulis : Nasrullah Patha

Editor : Herlin Sadid

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pertamina
Bank Sulsel Bar