PDAM Makassar

Bupati Torut Lakukan Vaksin Tahap Satu

Bank Sulsel Bar
Bupati Torut Lakukan Vaksin Tahap Satu
Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan saat melakukan vaksinasi (Foto: Ist)

KabarMakassar.com -- Berdasarkan Surat Keputusan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI) tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid, dan Penyintas Covid-19, serta Sasaran Tunda kini bisa mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi Covid-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas Covid-19 dan ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesis tambahan,” ujar Maxi, seperti dikutip laman Sekretariat Kabinet.

Dengan hadirnya aturan tersebut, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19 tahap pertama setelah melewati tahap screening di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pongtiku dengan didampingi Direktur RSUD PONGTIKU Remen Taulabi, Senin (15/2).

Menurut Kalatiku Paembonan mengungkapkan rasa gembira karena bisa melakukan vaksinasi.

"Terbitnya peraturan vaksinasi terbaru dari Kemenkes RI tentu hal ini disambut sebagai harapan baru seluruh masyarakat Toraja Utara sebagai salah satu upaya Pemerintah untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19,” ungkapnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk turut mensukseskan vaksinasi dan tidak perlu ragu karena vaksin telah melalui beberapa tahapan uji coba. Menurutnya, vaksin jenis Sinovac di beberapa negara bahkan memiliki hasil yang sangat baik dan dapat dipertanggungjawabkan melalui scientific (ilmu pengetahuan), halal dan juga terbukti secara medis dapat meningkatkan antibodi specific melawan virus Covid-19.  

"Saya juga berharap masyarakat Toraja Utara  tetap menjaga imunitas serta senantiasa mengikuti anjuran pemerintah dengan mengikuti protokol kesehatan dan bagi pelayan publik ASN, TNI Polri, BUMN, BUMD, Guru, Tokoh Agama, Pelaku Pariwisata, Sektor Transportasi, Pedagang segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin dalam waktu dekat ini," imbaunya.  


Lebih lanjut Kalatiku menuturkan, saat ini Kabupaten Toraja Utara telah berada pada zona kuning, ia berharap dengan meningkatkan kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan Kabupaten Toraja Utara bisa masuk di zona hijau.

"Mari kita bersama mengembalikan zona hijau di kabupaten Toraja Utara sebab kita pernah mendapatkan predikat itu, dan sepanjang bulan februari 2021 ini tingkat penyebaran pandemi ini mengalami penurunan secara signifikan apalagi dengan hadirnya kegiatan vaksinasi Covid-19 mendukung menekan penyebaran wabah ini,” imbuhnya.
 
Untuk diketahui, selain Bupati Torut Pongtiku. juga ikut melakukan vaksinasi di RSUD Anggota DPRD JK Tondok, Sekda Rede Roni Bare, Asisten Dua Setda Samuel Samperompon, Kepala Bappeda Aris Mantong, Kaban BPKAD Mathius Sampelalong, Staf ahli Bupati Y. manturino dan beberapa jajaran Pemda lainnya.

Sebelumnya dihari yang sama bertempat di UPT Puskesmas Rantepao, Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang bersama Ketua DPRD Kabupaten Toraja Utara Nober Rante Siama’, Kepala BKPP Marthen Manurun Sarira , Kadis Sosial Mira Bangalino dan jajaran lainnya mengikuti vaksinasi tahap II.

Penulis : Redaksi

Editor : Herlin Sadid

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Pelindo
Pemkab Jeneponto
Bank Sulsel Bar