Usai Terima Vaksin, 29 Nakes di Bulukumba Positif Covid-19

Bank Sulsel Bar
Usai Terima Vaksin, 29 Nakes di Bulukumba Positif Covid-19
Ilustrasi. IST.

KabarMakassar.com -- Sedikitnya 29 Tenaga Kesehatan (NAkes) yang tertiri dari pegawai dan perawat Puskesmas Balibo Kecamatan Kindang terkonfirmasi positif Covid-19. Ironisnya, rata-rata tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif itu sebelumnya telah menerima vaksin Sinovac awal Februari lalu.

Kepala UPT Puskesmas Balibo, Selviana Bamba, saat dikonfirmasi  membenarkan kabar tersebut. Bahkan ia membeberkan bahwa dari 29 Nakes Puskesmas Balibo yang terkonfirmasi positif, salah satunya ialah dirinya sendiri.

“Iya benar termasuk saya. Sekarang saya sudah dikarantina di suatu tempat,” ujarnya Sabtu (13/2).

Ia juga membenarkan bahwa dirinya bersama sejumlah rekannya yang terpapar Covid-19 bahkan sebelumnya telah mengikuti vaksinasi serentak Covid-19.

Meski demikian, ia menjelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 itu tidak berkaitan dengan terpaparnya ia dan rekan-rekannya. Bisa jadi, kata Selvi, virus corona sudah ada sebelum ia divaksin tetapi baru terdeteksi setelah dilakukan pemeriksaan pasca vaksin. Atau, vaksin yang telah disuntikkan belum berefek secara maksimal saat Covid-19 itu menyerang.

Atas kejadian tersebut, selvi mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Karena menurutnya orang yang terpapar Covid-19 belum tentu bergejala dan hanya dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan.

“Kita tidak tahu kalau kita ini terpapar atau tidak tanpa dilakukan skrining. Makanya kita harus tetap waspada dan tentunya mematuhi protokol kesehatan,” imbaunya.

Akibat kejadian ini, pelayanan di Puskesmas Balibo akhirnya dialihkan ke Pustu, Poskesdes, dan Puskesmas terdekat yakni Puskesmas Borong Rappoa Kecamatan Kindang.

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Al Amin

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pertamina
Bank Sulsel Bar