Lezatnya Tiram Bakar, Kuliner Khas Barru

Lezatnya Tiram Bakar, Kuliner Khas Barru

KabarMakassar.com-- Berbicara soal kuliner khas, mungkin tak akan ada habisnya. Di Indonesia begitu banyak makanan khas, mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Dari olahan rumahan sampai restauran, dan dari cita rasa yang pedas sampai yang manis. Bergeser ke Timur Indonesia, di Sulawesi Selatan tepatnya di kabupaten Barru ada satu makanan yang sangat populer di masa masa Liburan. Tiram, masyarakat di sini menyebutnya ” Tereng “.

Proses pembakaran memerlukan waktu sekitar 30 menit. Usai dibakar tiram akan diletakkan pada wadah besar atau pada bale-bale bambu yang disediakan pemilik warung. Langkah selanjutnya adalah membuka cangkang tiram menggunakan batu tempat meletakkan tiram serta alat pemukul sepanjang 20 sentimeter yang terbuat dari besi maupun kayu. Tiram yang akan disantap diletakkan di atas batu kemudian dipukul hingga cangkangnya terbuka. Setelah cangkang berhasil terbuka, tiram dapat diambil menggunakan tangan atau sendok yang disediakan.

Makanan yang sejenis kerang ini sangat di gandrungi masyarakat sekitar bahkan dari luar daerah. Rasa yang gurih di padukan sambel olahan sendiri membuat tiram semakin asyik untuk di cicipi.

Selain mempunyai rasa yg khas, tiram juga memiliki-rasa yg khas, tiram juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan rasanya di antaranya baik bagi kesehatan jantung, baik untuk tulang, meningkatkan kesuburan pada wanita, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah anemia.

Pemandangan khas pedesaan disertai udara yang sejuk adalah cara terbaik menyantap menu tiram bakar.

Jika anda ingin mencoba atau mencicipi tiram ini. Langsung saja ke kabupaten Barru tepatnya di desa Lajari Kabupaten Barru. [Nur Fadhilah Sophyan]

 

Penulis :

Editor :