Tanpa Solusi, Bupati Jeneponto Ngotot Renovasi Pasar Karisa

Bank Sulsel Bar
Tanpa Solusi, Bupati Jeneponto Ngotot Renovasi Pasar Karisa
Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

KabarMakassar.com -- Pasca insiden kebakaran yang terjadi di Pasar Karisa Kabupaten Jeneponto 2020 silam, membuat Pemerintah Daerah (Pemda) Jeneponto mengalokasikan anggaran khusus renovasi.

Sementara masa renovasi, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar justru kehilangan  ide untuk menentukan solusi tepat bagi para pedagang yang nasibnya masih terkatung-katung .    

Pihaknya belum menentukan sikap apakah wacana relokasi pedagang akan dilakukan. Namun yang pasti Iksan tetap akan memindahkan lapak para pedagang ke area halaman pasar.

"Itu baru wacana untuk memindahkan aktivitas pasar, tetapi wacana relokasi pasar harus melalui beberapa proses atau tahapan yang mendukung untuk memindahkan, tahapan lain kan baru wacana," kata Iksan saat dikonfirmasi langsung, kamis (04/02).

Ia juga menuturkan rencana renovasi pasar ini dikemukakan sebelumnya, dengan alasan kondisi Pasar Karisa sudah tidak representatif lagi sebagai area jual beli yang nyaman, terlebih pasca kebakaran, kondisi pasar semakin semrawut.

"Sudah keluar SK-nya, tapi kita berubah perencanaan kalau bisa disepakati dan baru konsep. Kita akan pindahkan Pasar Karisa, itupun kalau setuju," ujarnya Iksan.

Terkait anggaran, pihaknya sudah mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp 30 miliar.

"Untuk tahun 2021 ini, sudah disetujui bantuan 30 M dari Provinsi, Namun jika tidak setujui, bantuan Rp 30 Miliar tersebut akan digunakan untuk pembangunan baru Pasar Tradisional Turatea," ungkapnya.

Keseluruhan anggaran itu kata Iksan rencananya akan difokuskan untuk renovasi saja, sementara biaya relokasi tempat belum disebutnya.

Terkait isu adanya unsur kesengajaan pembakaran pasar, Iksan menuturkan jika hingga saat ini pihak kepolisian belum mengetahui penyebab pasti.

"Hingga saat ini belum ada laporan hasil laboratorium forensik sehingga barang barang yang masih terdapat di lokasi pasar karisa yang terbakar belum bisa diganggu," pungkasnya.

Penulis : Nasrullah Patha

Editor : Al Amin

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pertamina
Bank Sulsel Bar