Sineas Makassar Mari Bersaing di Nasional

Sineas Makassar Mari Bersaing di Nasional

KabarMakassar.com -- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar Road To Akatara di Swiss Belhotel Makassar, Jl Ujung Pandang, Kamis 19 April 2018.

Pada Road show ini, Bekraf memberikan materi untuk menajamkan proposal dan presentasi film bagi para investor, pentingnya perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada proyek film, serta geliat menjadi pebisnis film di Indonesia. 

Bekraf mengundang Perwakilan BPI, Agung Sentausa untuk memberikan pelatihan kepada filmmakers yang hadir dengan materi mempersiapkan proposal proyek film yang kreatif dan komunikatif dari sisi bisnis, Direktur Fasilitas HKI Bekraf, Robinson Sinaga hadir untuk untuk menjelaskan pentingnya HKI pada film. 

Roadshow ini juga menghadirkan Deputi Akses Permodalan Bekraf Fajar Hutomo, Ketua Umum KADIN Provinsi Sulawesi Selatan Zulkarnain Arif, Perwakilan BPI, Perwakilan Visinema, dan Produser uang panai untuk memberikan materi kepada para filmmakers Makassar. 

Dengan diadakannya roadshow ini Bekraf memberi kesempatan filmmakers Indonesia memperluas network dengan para penggiat film Indonesia.

Road To Akatara mendatangi empat kota yaitu Makassar, Malang, Jakarta dan Bandung. Makassar menjadi kota pertama dalam pembukaan Road To Akatara ini, Banyaknya komunitas film yang ada dan kreatifitas yang dimiliki sineas Makassar menjadi alasan dipilihnya sebagai kota Pertama penyelenggaraan Roadshow ini.

"Hari ini kami melakukan pembukaan pertama. kan komunitas film disini banyak, ada 30-an makanya kita pilih Road pertama di Makassar," ujar Direktur Akses Non Perbankan Deputi Akses Permodalan," Syaifullah.

Dalam wawancaranya, Syaifullah menjelaskan pesatnya minat penonton film menjadi tren saat ini menjadikan industri perfilman sebagai industri yang menjanjikan bagi para investor.

"Kita target juga investornya kita lihat tren penonton film saat ini cukup bagus, terlihat film yang jumlah penontonnya tembus 1 juta cukup banyak," jelasnya.

Hal ini pula yang dalam penyelenggaraan tahun keduanya Akatara menambah kota tujuannya dalam Road To Akatara tahun ini. 

"Akatara ini tahun kedua diselenggarakan di Makassar yang diselenggarakan di dua kota, untuk tahun ini kita road show empat kota," tambahnya

Dilain sisi Makassar memiliki potensi tersendiri yang dari. Sineas mudanya dalam mengelola hutan kearifan lokal menjadi suatu karya sinematografi yang menarik di pertontonkan. Hal ini terlihat dengan banyaknya film-film bertema lokal yang hadir, seperti Uang Panai, Sillariang, dll.

"Bagus ya, kita juga dalam acara ini kan mengundang produser film Lokal Uang Panai," katanya.

Syaifullah menambahkan film karya sineas Makassar dianggap bisa bersaing dengan film nasional.

"Ya pasti bisa lah, kebetulan ini pas juga bagi pelaku film bersamaan menyambut Pekan Film Makassar, jadi kita bisa pertemukan antara Sineas di Pekan Film Makassar dengan Akatara," jelasnya

Penulis :

Editor :