Ini 5 Manfaat Bagi Kesehatan, Jika Kamu Sering Tertawa

Ini 5 Manfaat  Bagi Kesehatan, Jika Kamu Sering Tertawa

KabarMakassar.com--  Tertawa dipercaya sebagai obat mujarab untuk mengembalikan semangat dan membuat seseorang lebih sehat. Manfaat tertawa begitu banyak, antara lain mampu menstabilkan peredaran darah dan gula darah, meningkatkan sistem imunitas tubuh, merelaksasi pikiran, serta meredakan stres.

merupakan hal yang sangat menyenangkan. Hal-hal lucu yang sering dilontarkan seorang teman membuat Anda senang. Tertawa adalah hal yang sangat spontan yang dilakukan oleh seseorang. Tertawa sendiri merupakan ekspresi kebahagiaan yang muncul secara spontan tanpa bisa Anda rekayasa.

Maka tidak heran jika ada ungkapan bahwa tertawa adalah obat paling ampuh dan menyehatkan. Nah, tahukan Anda jika ungkapan tersebut benar adanya. Oleh karena itu, tertawa bukan hanya membuat seseorang menjadi senang, namun juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Berikut 5 manfaat tertawa bagi kesehatan:

1.Tertawa Dapat Menghilangkan Stres

Salah satu manfaat yang paling jelas adalah tertawa dapat menghilangkan stres. Alasannya, karena tertawa dapat membantu membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh dan otak yang dapat membuat Anda lebih rileks. Selain itu, tertawa juga dapat menyehatkan orang-orang disekitar Anda, karena tertawa itu menular dan akan membantu sekitar Anda dari stres.

2.Tertawa Adalah Olahraga

Tertawa merupakan aktivitas fisik yang bisa dikategorikan menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Saat Anda tertawa, wajah akan mengalami peregangan otot dan hal tersebut  akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Kondisi ini dikarenakan saat tertawa Anda akan benapas lebih cepat. Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat dan membuat peredaran darah lebih lancar.

3.Tertawa Baik Untuk Mental

Jika suasana hati Anda sedang buruk, dan pada saat yang bersamaan ada teman yang mengatakan hal lucu hingga membuat Anda tertawa. Percaya atau tidak, suasana hati Anda yang sebelumnya sedang buruk akan berubah menjadi senang, karena tertawa dapat membantu Anda menahan energi negatif atau buruk saat suasana hati Anda sedang buruk. Endorfin yang dihasilkan saat tertawa dapat membuat perasaan Anda jauh lebuh baik.

4.Tertawa Dapat Meningkatkan kekebalan Tubuh

Tertawa dipercaya dapat melepaskan T-cell dan sel pembunuh yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan beberapa pakar kesehatan mengatakan kalau tertawa bisa menguatkan sistem imun dan dapat juga digunakan untuk memerangi kanker.

5.Tertawa Dapat Membuat Saraf Rileks

Tertawa bisa memberikan efek anti-stres selama 30 - 45 menit pada tubuh, otak, dan sistem saraf manusia. Tertawa akan memicu hormon anti stres dan anti-depresi seperti cortisol dan endorphin sehingga membantu sistem saraf menjadi rileks dan tenang.

Manfaat tertawa cukup mengejutkan memang bagi kesehatan, namun kegiatan sepele ini dapat kita lakukan secara rutin kan? tidak ada ruginya kita melakukannya.

[Nur Fadhilah Sophyan]

Penulis :

Editor :