Perusda
Bank SUlsel Bar

Mengenal Minyak Tawon Ole-Ole Khas Makassar

on 7/4/18 Oleh Lina Budi Astuti
Mengenal Minyak Tawon Ole-Ole Khas Makassar
Ilustrasi (ist.)

KabarMakassar.com -- Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan minyak tawon, salah satu minyak essensial asal Indonesia ini kehadirannya dipercaya sebagai salah satu minyak gosok yang ampuh. Minyak tawon adalah produk lokal Kota Makassar yang sudah dikenal baik didalam maupun luar negeri. Banyak yang menjadikan minyak tawon sebagai oleh-oleh mereka. Minyak tawon adalah sebutan khusus karena minyak ini memiliki lambang gambar tawon pada pembungkusnya.

Minyak tawon sendiri terdiri dari 2 macam yaitu minyak tawon tutup putih dan minyak tawon tutup merah.

Minyak tawon tutup putih memiliki rasa dan sensansi panas yang lebih dibanding dengan minyak tawon tutup merah. Minyak tawon tutup putih cocok digunakan untuk pijat urut karena pegal-pegal atau keseleo. Dibanding minyak tawon tutup putih, tutup merah memiliki harga yang relatif lebih murah dan khasiat yang kurang sama dengan yang bertutup putih. yang membedakan adalah sensasi rasa panas yang tidak sama dengan minyak tawon tutup putih. Untuk gigitan serangga ataupun luka lecet, minyak tawon tutup merah pun cukup untuk penggobatan.

Minyak ini dipercaya memunyai manfaat yang komplit dan ampuh tanpa menimbulkan efek samping. Berikut beberapa manfaat yang dimiliki minyak tawon

- Mengobati keseleo, badan pegal-pegal, otot leher yang terasa kaku, sakit pada bagian pinggang dan punggung.

- Mempercepat penyembuhan bengkak/lebam karena pukulan atau benturan.

- Mengobati luka bakar, luka khitan/sunat, kulit yang terluka/lecet atau kulit yang terkena pisau.

- Meredakan nyeri, sakit kepala, batuk-batuk, gatal akibat gigitan serangga, sakit gigi dan sariawan.

- Mengobati sakit urat & tulang, bisul, pusing, kudis, kurap, panu, muntah-muntah, mencret, pegal-pegal, rematik, masuk angin, sakit perut, sesak napas, ambeien, sakit pada ulu hati dll.

- Minyak tawon juga biasa digunakan untuk pemakaian pijat/urut sehari-hari.