CEK FAKTA: Program Relaksasi BPJS Kesehatan

Bank Sulsel Bar
CEK FAKTA: Program Relaksasi BPJS Kesehatan
Ilustrasi (Foto: Int)

KabarMakassar.com -- Beredar kabar di media sosial mengenai program relaksasi oleh BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang menunggak dapat kembali mengaktivkan kepesertaannya cukup dengan membayar tunggakan 6 bulan saja. Adapun isi pesan yang beredar tersebut yaitu:

"Assalamualaikum, Tabe teman-teman sekedar menginformasikan bahwa BPJS Kesehatan saat ini ada namanya program
Relaksasi, program ini diperuntukkan kepada para peserta BPJS kesehatan yang menunggak, maksudnya kalau ada anggota BPJS kesehatan yang menunggak bertahun tahun terserah mau kelas berapa, anda hanya cukup membayar selama 6 bulan, setelah anda membayar hanya 6 bulan maka otomatis kartu BPJS anda langsung aktif. 

Program RELAKSASI ini hanya berlaku sampai dengan tgl 25 Desember 2020
Jadi buruanki kalau sekiranya ada teman teman yang BPJS kesehatannya menunggak,buruanki uruski mumpung ada program dapat diskonki ceritanya, Contohnya biar 3 tahun tunggakanta tetap jeki bayar 6 bulan... Demikian info ini... Kalau ada yang kurang dimengerti silahkanki bertanya dikantor BPJS terdekat...
Wassalamu'alaikum," tulisnya.

Hasil Cek Fakta

Menanggapi informasi tersebut, Humas BPJS Kesehatan Kota Makassar, Wira Pratiwi mengungkapkan bahwa program relaksasi yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan tidak berarti tunggakan iuran dihapuskan.

"Jadi, Meluruskan pesan yang banyak beredar di group WA terkait program Relaksasi alias program cicilan yang berlaku di BPJS Kesehatan saat ini, maka kami menegaskan bahwa relaksasi tunggakan ini bukan berarti sisa tunggakan iuran dihilangkan, melainkan peserta diberikan kelonggaran mencicil sisa tunggakan hingga 31 Desember 2021," ungkapnya, Rabu (16/12).

Ia menerangkan bagi peserta yang memiliki tunggakan untuk dapat mengaktifkan kepesertaan JKN-KISnya cukup membayar 6 bulan tunggakan ditambah iuran satu bulan berjalan.

“Misal tunggakannya 2 tahun atau 24 bulan, untuk mengaktifkan kepesertaan JKN-KIS cukup dengan membayar 6 bulan tunggakan terlebih dahulu ditambah iuran 1 bulan berjalan, sisa tunggakan 18 bulan bisa dicicil peserta hingga 31 Desember 2021. Apabila tunggakan tidak dilunasi, maka pada Januari 2022 status kepesertaannya tidak aktif," jelasnya.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan dari Humas BPJS Kesehatan Kota Makassar, Wira Pratiwi yang mengungkapkan bahwa program relaksasi BPJS Kesehatan tidak berarti tunggakan iuran dihapuskan. Melainkan melalui program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi peserta untuk kembali mengaktifkan kepesertaannya dengan membayar tunggakan 6 bulan plus satu bulan iuran berjalan, kemudian sisa tunggakan untuk dibayarkan secara cicil hingga 31 Desember, maka informasi yang beredar adalah keliru.

Penulis : Sulistiawati

Editor : Herlin Sadid

Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Kabar Serupa :
CEK FAKTA: Rujab Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19
Kabar Cek Fakta

CEK FAKTA: Rujab Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19

14.12.2020 - 21:32
CEK FAKTA: Gubernur Sulsel Positif Covid-19
Kabar Cek Fakta

CEK FAKTA: Gubernur Sulsel Positif Covid-19

11.12.2020 - 17:33
CEK FAKTA: Tahapan Pilkada Sulsel Ditunda
Kabar Cek Fakta

CEK FAKTA: Tahapan Pilkada Sulsel Ditunda

21.09.2020 - 22:42
Pemkab Bulukumba
Pertamina
Bank Sulsel Bar