PDAM Makassar

CEK FAKTA: Rujab Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19

Bank Sulsel Bar
CEK FAKTA: Rujab Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19
Hasil PCR Gubernur Sulawesi Selatan (Foto: Ist)

KabarMakassar.com -- Ramai diperbincangkan salah satu media cetak memuat berita terkait Rujab Gubernur Sulawesi Selatan menjadi klaster penyebaran Virus Covid-19. Tak hanya itu, juga diberitakan Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Makassar mempertanyakan terkait sikap Pemorov yang tak transparan terkait hal tersebut, Senin (14/12).

Hasil Cek Fakta

Terkait pemberitaan tersebut, Jubir Gubernur Sulawesi Selatan, Veronica Moniaga mengungkapkan berdasarkan konfirmasinya kepada Pakar Epidemilogi yang disebutkan dalam berita yang tersebar, menurutnya Prof Ridwan menampik telah menyebutkan bahwa Rujab Gubernur menjadi klaster baru Penyebaran Covid-19.

"Jadi setelah konfirmasi dengan Prof. Ridwan, beliau tidak mengatakan seperti kalimat judul yah. Gak dibilang Rujab Gubernur Klaster Covid-19. Bahkan menurut Prof. Ridwan, orang-orang yang kebetulan positif tersebut harus ditracking dan tracing lagi keluarga mereka masing-masing," ungkapnya menanggapi berita tersebut.

Ia menambhakan jika memang rujab adalah klaster maka yang terlebih dahulu positif adalah mereka yang tinggal di dalam rujab namun hasil swab para penghuninya adalah negatif.

"Kalau kata Prof Nurdin Abdullah itu bisa jadi carrier, karena yang justru menghuni rujab hasil swabnya negatif," tambahnya.

Sementara itu, Ketua IDI Kota Makassar, Siswanto Wahab juga menampik apa yang diberitakan terkait dirinya yang mempertanyakan sikap Pemprov yang tidak transparan terkait penyebaran Covid-19 tersebut.

"Ass wr Wb Perkenankan Saya Siswanto Wahab Ketua IDI Cabang Makassar Menyampaikan Bahwa Apa yang dimuat hari Ini koran bahwa IDI mempertanyakan sikap Pemprov yang tak transparan, saya sama sekali tidak pernah diwawancarai mengenai masalah tersebut demikian yang dapat saya sampaikan menyangkut pemberitaan tersebut," klarifikasinya.

Kesimpulan

Berdasarkan klarifikasi dari Juru Bicara Gubernur yang menyatakan bahwa semua penghuni rujab semua tidak ada yang positif Covid-19 dan Ketua IDI Kota Makassar yang menampik bahwa dirinya pernah di wawancara terkait penyebaran Covid-19 di Rujab Gubernur, maka pemberitaan yang mengatakan bahwa rujab Gubernur merupakan Klaster Covid-19 adalah keliru.

Penulis : Sulistiawati

Editor : Herlin Sadid

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Kabar Serupa :
CEK FAKTA: Pungli di Samsat Bulukumba
Kabar Cek Fakta

CEK FAKTA: Pungli di Samsat Bulukumba

05.03.2021 - 22:53
CEK FAKTA: Program Relaksasi BPJS Kesehatan
Kabar Cek Fakta

CEK FAKTA: Program Relaksasi BPJS Kesehatan

16.12.2020 - 20:26
CEK FAKTA: Gubernur Sulsel Positif Covid-19
Kabar Cek Fakta

CEK FAKTA: Gubernur Sulsel Positif Covid-19

11.12.2020 - 17:33
Pertamina
Bank Sulsel Bar