Bank Sulsel Bar

Pandemi Covid-19, UMKM Sulbar Diharapkan Dapat Kembali Bangkit

Pandemi Covid-19,  UMKM Sulbar Diharapkan Dapat Kembali Bangkit
Kadis Koperindag dan UKM Sulbar, Amir Maricar Saat Ditemui di Ruang Kerjanya (Foto:Muh Rizaldy)

KabarMakassar.com -- Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan, dan UMKM (Diskoperindag) Sulbar mengambil langkah untuk membantu UMKM. Salah satunya dengan cara memberikan bantuan modal usaha kepada UMKM. 

Kadis Koperindag dan UKM Sulbar, Amir Maricar mengatakan,pada dasarnya setelah terkena dampak pandemi Covid-19 banyak pelaku UMKM yang terpuruk sehingga pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengambil langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Banyak yang terpuruk, ini beda sama pada waktu krisis moneter di 1998, ini UMKM yang tampil sebagai penyelamat perekonomian di Indonesia. Sekarang ini beda karena rata-rata dari permasalahan yang mereka alami adalah kekurangan pembeli ya kemudian ada juga beberapa yang tidak bisa berproduksi karena bahan baku itu kurang,”kata Amir.

Atas dasar tersebut, pemerintah provinsi mengambil tindakan untuk membantu UMKM agar mereka bisa aktif kembali.

“Setelah itu kami berikan bantuan, kemudian pemerintah pusat berikan bantuan usaha mikro,” ungkapnya.

Dengan bantuan yang di berikan, Amir berharap dapat membangkikant kembali UMKM. Apalagi diketahui pertumbuhan ekonomi Sulbar saat ini berada di minus 5 persen

“Itu sepertinya nomor 4 dari bawah setelah Bali dan Banten nah itu dia harus kita tingkatkan kembali pertumbuhan ekonomi kita,” harapnya.

Lebih lanjut, Umar mengaku pemerintah akan memberikan suntikan bagi wirausaha untuk pengembangan usaha dari sisa anggaran DAK.

“Kami juga masih ada anggaran dari dana alokasi khusus (DAK), itu untuk wirausaha kemudian dengan pengembangan usaha yang ada akan kita dorong semua yang hadir tetap semangat, minimal menyelamatkan kehidupan keluarganya dan secara tidak langsung mereka juga pasti akan membantu peningkatan perekonomian,” lanjut Amir.

Karena membutuhkan waktu dalam membangkitkan perekonomian daerah, Amir menargetkan tahun 2021 perekonomian Sulawesi Barat akan kembali membaik.

“Memang butuh waktu berproses  mungkin 1 tahun ke depan ini sudah bisa bangkit kembali apalagi kan tahun depan itu tema untuk pemulihan ekonomi,” tutup Amir. (Muh Rizaldy)

Penulis : Redaksi

Editor : Herlin Sadid

Pemkot Makassar
Pertamina
Tabungan Valas Bank SulselBar