PDAM Makassar

Manisnya "Tenteng" Oleh-Oleh Khas Malino

Bank Sulsel Bar
Manisnya "Tenteng" Oleh-Oleh Khas Malino

KabarMakassar.com-- Kota Malino, tepatnya berada di kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Merupakan kota wisata dan juga sering disebut kota bunga, karna di malino terdapat berbagai jenis bunga yang sangat indah. Tapi ,kali ini bukan tempat2 wisata atau berbagai jenis bunga yang ada di Malino yang akan kita bahas melainkan Makanan Atau Oleh Oleh yang Khas dari Kota Malino.

Tenteng Malino adalah makanan khas Asli dari Kota Malino, Sulawesi Selatan yang mana makanan ini sangatlah sederhana. Bahan dasar dari Makanan ini adalah Gula merah dan Kacang tanah. Aslinya, bentuk kemasan makanan ini berbentuk seperti permen dengan pembungukus dari Kulit jagung. Tapi seiring perkembangan, Kemasannya diganti menjadi plastik. Pembuatan makanan ini dimulai dari mencairkan gula merah pada wajan atau panci sampai mengental lalu dicampurkannya Kacang tanah ke dalam lumeran Gula merah. Diaduk hingga mulai mendingin dan dicetak sesuai ukuran dan dikemas dengan plastik.

Sekantong dengan isi 250 tenteng, hanya di jual dengan harga Rp 100 ribu saja, jenis dari tenteng juga ada dua macam. Kering dan basah. Bedanya hanya terletak dari kental gula merahnya dan tidak, namun harga tetap sama.

Rasanya, manis, gurih dan agak lengket. Tapi, jika anda mencobanya anda pasti akan ketagihan. Oleh oleh khas dari Kota Malino ini terbuat dari campuran gula merah dan kacang tanah.
Berikut ini jenis tenteng, yaitu:
   
-Tenteng Wijen
-Tenteng Karamel

Ternyata cara masaknya sangat mudah dan tentunya juga enak untuk dibawa bepergian ataukah punya niat untuk jualan tenteng ayo baca dan praktekkan dirumah
Bahan :
1) Kacang tanah yang sudah di buka kulitnya 1/2 kg
2) Gula merah 1/2 kg
3) air secukupnya

Catatan :
Untuk membuat tenteng kacang bisa juga digunakan kacang tanah kupas kulit yang lebih praktis penggunaannya.Namun, karena harga kacang tanah kupas kulit
agak lebih mahal, maka biasanya industri rumah tangga lebih memilih menggunakan kacang yang belum dikupas kulit arinya. Dengan , kulit ari kacang tanah akan menjadi lebih mudah dikelupas atau punya kreasi yang lain mari berkarya .

Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga ada manfaatnya yah! dan jangan lupa untuk berkunjung ke Kota Malino Kab.Gowa, Sulawesi Selatan.
Sampai ketemu di lain kesempatan.

[Nur Fadhilah Sophyan]

 

Penulis :

Editor :

Pemkab Luwu
Pemprov Sulsel
Pemkot Makassar
DPRD Kota Makassar
Pemkab Sinjai
Kabar Serupa :
Jemaah An-Nadzir Sholat Idul Fitri Lebih Awal
Kabar News

Jemaah An-Nadzir Sholat Idul Fitri Lebih Awal

12.05.2021 - 13:59
Pelindo
Pemkab Jeneponto
Bank Sulsel Bar