Bank Sulsel Bar

Gelar Debat di Kecamatan, Kopel Apresiasi KPU Tana Toraja

Gelar Debat di Kecamatan, Kopel Apresiasi KPU Tana Toraja
Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa.

KabarMakassar.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja (Tator) berhasil menggelar debat publik tahap pertama pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati, pada Sabtu 31 Oktober 2020 lalu.

Debat yang disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi lokal atau Tv kabel se-Tana Toraja dan dilaksanakan di aula kantor kecamatan Bittuang, Tana Toraja itu mendapat respon positif dari Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Indonesia Sulawesi Selatan.

Kopel Sulsel, Syamsuddin Alimsyah mengatakan berdasarkan UU nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) bahwa debat itu masuk pada tahapan kampanye. Didebat itu adalah kesempatan para kandidat untuk menyampaikan visi misi secara konfrensif kepada publik.

“Momen debat itu untuk menyampaikan visi misi kandidat ke publik. Agar pemilih bisa melihat secara langsung dan menentukan pilihan berdasarkan visi misinya,” kata Syamsuddin Alimsyah kepada KabarMakassar.com melalui telepon selular, Sabtu (14/11).

Menurut Syamsuddin langkah KPU Tana Toraja itu sudah tepat dan patut diapresiasi. Pasalnya debat kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati Tana Toraja dilakukan didaerah sendiri apalagi dilaksanakan ditingkat kecamatan, secara tidak langsung masyarakat atau pemilih bisa merasakan dan mendengarkan secara langsung pemaparan visi misi para kandidat.

“Karena hak kostitusional pemilih mengenal lebih jauh para kandidat  berdasarkan nuraninya. Kalau KPU membawa keluar daerah debat itu, secara nyata melanggar konstitusi, karena menghilangkan dan merampas hak pemilih untuk mengenal visi misi kandidatnya lebih jauh,” terangnya.

Bukan hanya pemborosan anggaran tapi melampaui kewenangannya sebagai penyelenggara jika debat dibawa keluar daerah dengan alasan-alan tertentu.

“Jadi kita harus mengapresiasi KPU Tanah Toraja, selain memberdayakan Tv lokal dengan sumber daya yang ada juga bisa menjadi contoh,” ujarnya.

Sekedar diketahui, pilkada Kabupaten Tana Toraja diikuti tiga pasangan calon yakni Albertus Patarru’–John Diplomasi, kemudian Nicodemus Biringkanae–Victor Datuan Batara, dan terakhir Theofilus Allorerung–Zadrak Tombeg.

Penulis : Rudi Hartono

Editor : Fritz Wongkar

Pemkot Makassar
Pertamina
Tabungan Valas Bank SulselBar