5 Manfaat Minum Air Bagi Otak

5 Manfaat Minum Air Bagi Otak

KabarMakassar.com -- Sebagaimana organ tubuh lainnya dari manusia, otak juga membutuhkan manfaat konsumsi air yang cukup untuk berfungsi. Kebutuhan akan air disebabkan 75 persen bagian dari otak tersusun berdasarkan air yang membuktikan kondisi kekurangan air (Dehidrasi) dapat mempengaruhi kinerja otak anda.

Lantas apa saja manfaat dari mengkonsumsi air bagi otak?

Dilansir dari dari Step to Health pada Sabtu, 7 April 2018. Berikut beberapa manfaat air untuk otak Anda.

1. Membantu Otak Bekerja Lebih Cepat

Otak membutuhkan cairan dengan jumlah tepat agar dapat menjalankan sel-sel otak dengan tepat yang salah satunya dapat diperoleh dari cairan dengan mengkonsumsi air yang cukup.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan meminum air setelah bangun tidur. Hal ini akan membantu sel otak anda yang butuh cairan yang hanya bisa didapatkan dari air setelah melakukan istirahat yang cukup pada malam harinya.

Selain itu, untuk membuat otak bekerja lebih optimal, tambahkan sarapan buah sehat di pagi hari untuk membantu pemenuhan nutrisi lainnya yang dapat berkontribusi bagi kinerja otak.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Salah satu dampak buruk dehidrasi bagi otak adalah sulit konsentrasi. Apabila dehidrasi, otaklah yang akan merasakan dampaknya pertama kali.

Mengkonsumsi air dapat membantu otak anda untuk lebih fokus pada kegiatan yang sedang dilakukan. Namun walaupun teh atau kopi bisa membantu mengurangi rasa haus anda,minuman semacam ini tidak disarankan pasalnya terdapat kandungan kafein yang dapat memberi rangsangan berlebih pada saraf.

Sebaiknya, 45 menit sekali Anda harus meminum segelas air. Ini adalah waktu saat konsentrasi anda mulai menurun ketika sedang melakukan sesuatu secara terus-menerus.

3. Menyeimbangkan Mood dan Emosi

Sama halnya dengan melihat laut, merasakan deburan ombaknya, dan menghirup udaranya. Mengkonsumsi Air yang cukup dapat membuat anda rileks. Emosi juga bisa menjadi lebih tenang dengan meminum air.

Hal ini karena suhu otak akan meningkat dan menyingkirkan racun serta sel-sel mati. Ini juga membuat proses kimiawi yang mampu menyalakan kembali proses mental.

4. Membantu Tidur Lebih Lelap

Selain bangun tidur, minum air sebelum tidur ternyata juga bermanfaat, walaupun hanya setengah gelas. Air yang dikonsumsi sebelum tidur dapat meningkatkan aliran darah ke otak yang membantu proses oksigenasi dan hidrasi otak, serta menenangkan Anda.

5. Membantu Memori

Ketika dehidrasi, akan terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh dan menyebabkan disfungsi. Salah satunya adalah berkurangnya ketangkasan kognitif. Ini membuat kita kesulitan mengingat sesuatu.

Karena itulah, paling tidak minum 8 gelas sehari untuk membuat Anda tidak dehidrasi.

Perlu diketahui, menurut survei regional Asia Pasifik mereka, Balanced Nutrition Survey menyebutkan Masyarakat di Asia Pasifik diketahui lebih dari separuhnya kurang minum air putih dan berolah raga. Dan sekitar 70 persen diantara mereka mengkonsumsi kurang dari separuh aneka buah yang dianjurkan.

Survey yang dilakukan di tahun 2017 ini juga mengungkapkan terdapat 35 persen responden yang mengaku sulit mewujudkan pola konsumsi nutrisi seimbang termasuk seperti mengkonsumsi buah dan minum air putih.

Penulis :

Editor :