Bank Sulsel Bar

Cek Fakta: Klaim IMUN Soal Rendahnya Guru Bersertifikasi

Cek Fakta: Klaim IMUN Soal Rendahnya Guru Bersertifikasi
Screenshot Youtube (int).

KabarMakassar.com -- Debat pasangan calon (paslon) Pemilihan Wali Kota Makassar (Pilwalkot) yang digelar secara live di stasiun televisi nasional mengangkat tema Sosial Budaya, Keamanan, Pendidikan, Transportasi, Lingkungan, dan Isu Toleransi, Sabtu (7/11).

Dalam debat tersebut empat pasangan calon melakukan saling tanya jawab pada segmen pendidikan, adanyanya pernyataan klaim pasangan Irman Yasin Limpo dan Andi Zunnun Halid (IMUN) yang klaim jika rendahnya jumlah guru tersertifikasi di Makassar baik tingkat SD hingga dan SMP.

Berikut pernyataan Irman Yasin Limpo, "Banyak guru PAUD yang belum berkualifikasi sarjana, dan guru SD, dan SMP yang belum tersertifikasi. Semua guru harus didorong mendapatkan NUPTK berdasarkan SK Wali Kota, supaya mereka semua punya ijin mengajar,” terangnya.

CEK FAKTA

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Selatan yang menggelar Cek Fakta debat kandidat Pilwalkot Makassar dengan menghadirkan expert didalamnya, dimana dalam klaim pasangan nomor 4 IMUN di tanggapi oleh Pemerhati Pemerintahan, Dr. A. Lukman Irwan sebagai expert di Cek Fakta Debat Pilwalkot.

Dr A Lukman Irwan melampirkan data rendahnya guru tersertifikasi pada tingkat SD/MMI dan SMP/Mts, dimana data yang dilansirnya dari dinas pendidikan jika jumlah guru SD/MMI 7.600 hanya 2.924 yang tersertifikasi atau 38,47 persen.

Sementara pada tingkat SMP/Mts dari 4.164 guru, hanya 1.907 yang tersertifikasi atau dengan peserntase 45,79 persen saja.

KESIMPULAN

Klaim paslon nomor 4 merupakan informasi yang benar jika terjadi rendahnya guru bersertifikasi di Kota Makassar. Hal itu juga sempat di singgung oleh pasangan nomor urut 02, dimana pasangan Munafri yakni Rahman Bando yang juga berlatar belakang Kadis Pendidikan Makassar mengatakan adanya ketimpangan pendidikan.

Penulis : Tim Cek Fakta Kabar Makassar

Editor : Fritz Wongkar

Pemkot Makassar
Pertamina
Tabungan Valas Bank SulselBar