Perusda
Bank SUlsel Bar

Apakah Aman Menggunakan Kursi Bantu Jalan Untuk Bayi

on 29/3/18 Oleh Lina Budi Astuti
Apakah Aman Menggunakan Kursi Bantu Jalan Untuk Bayi
Ilustrasi (ist.)

KabarMakassar.com --- Anak-anak, terutama bayi, yang tidak dapat mengomunikasikan perasaan mereka, membutuhkan perhatian dan kepedulian penuh dari orang tua. Jadilah sesuatu yang sederhana seperti memilih apa yang mereka kenakan untuk sesuatu yang serius seperti harus memilih perlengkapan bayi, yang jika tidak aman dapat mengakibatkan bahaya kesehatan bagi si kecil, sebagai orang tua, Anda harus selalu berhati-hati.

Kursi jalan bayi adalah bentuk perlengkapan bayi yang memiliki rangka beroda bersama dengan kursi yang tergantung, kadang-kadang dengan ikat pinggang untuk menjaga bayi tetap di tempatnya, yang memungkinkan bayi berjalan dengan menggunakan kaki mereka.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis 29 Maret 2018, para ahli mengatakan keamanan, penggunaan kursi jalan bayi adalah tidak baik. Para peneliti sangat tidak menyarankan penggunaan kursi jalan bayi. Kursi jalan bayi adalah sesuatu yang cenderung menyeret bayi untuk berjalan, meskipun mereka belum sepenuhnya siap untuk melakukannya.

Karena bayi tidak memiliki kontrol penuh atas langkah kakinya, ketika di kursi jalan, kemungkinan mereka berlari ke objek berbahaya sangat tinggi. Bayi menggunakan kursi jalan  mungkin jatuh dari tangga, mematahkan tulang mereka atau mendapatkan luka fisik.

Berdasarkan data penelitian, kursi jalan bayi tidak dapat dikaitkan dengan meningkatkan perkembangan anak. Namun, ada kursi jalan bayi yang dirancang dengan cara di mana seorang anak dapat memegangnya dari belakang dan mendorongnya sambil berjalan. Jika Anda bersikeras menggunakan kursi jalan bayi, gunakan kursi jalan bayi yang tidak akan menghambat perkembangan anak Anda. Namun, pastikan bahwa orang dewasa selalu mengawasi anak Anda tidak peduli apa bentuk perlengkapan bayi yang digunakan.

Jika Anda tertarik untuk melibatkan anak Anda dalam mengeksplorasi berbagai hal dan bermain-main, daripada menggunakan kursi jalan bayi, pilih matras atau play center stasioner yang akan membuat bayi Anda tetap bertopang dan aman. Pusat aktivitas, rocker stasioner, atau kursi goyang adalah perlengkapan lain yang dapat membuat anak Anda terhibur sementara juga menjaga mereka tetap aman di area bermain.

Sebagai orang tua, tugas Anda adalah menjaga bayi Anda tetap aman. Jadi, sebaiknya Anda menghentikan diri dari membeli kursi jalan bayi, terlepas dari seberapa canggih atau high-end-nya. Biarkan bayi mencapai tonggaknya berjalan ketika dia sudah siap. Jangan mencoba memaksa mereka untuk berjalan dengan menggunakan perlengkapan bayi seperti itu. Mereka akan menjadi anak-anak kecil hanya untuk sementara waktu, biarkan saja dan biarkan mereka tumbuh dan berkembang dengan langkah mereka sendiri. Ini akan memastikan bayi yang bahagia dan sehat serta pengasuhan yang damai bagi Anda juga.