Bank Sulsel Bar

Dokter Positif Covid-19, PKM Salo Pinrang Tutup Sementara

Dokter Positif Covid-19, PKM Salo Pinrang Tutup Sementara
Kondisi Puskesmas Salo Ditutup Sementara (Foto: Rudi Hartono)

KabarMakassar.com -- Pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Salo, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang ditutup, Senin (26/10). Penutupan PKM Salo disebabkan salah seorang dokter terkonfirmasi terpapar Covid-19.

Hal penutupan Puskesmas Salo itu, dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, drg Dyah Puspita Dewi.

"Mulai hari ini Puskesmas Salo tutup sementara, karena salah satu dokternya positif Covid-19," ungkapnya.

Dewi menambahkan dokter tersebut memang sering keluar daerah. Karena kondisinya kurang sehat, ia melakukan swab mandiri di salah satu rumah sakit di Kota Makassar dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

"Dia melakukan swab mandiri di Rumah Sakit Awal Bros Makassar, karena kurang sehat. Hasil swabnya keluar kemarin pagi," jelas Dewi.

Ia menuturkan dengan ditutupnya PKM ini, maka pelayanan kesehatan untuk sementara waktu dialihkan ke PKM terdekat.

"Penutupamnnya sampai batas waktu yang belum ditentukan jadi pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas terdekat," terangnya.

Lanjut Dewi, terpaparnya dokter Puskesmas Salo itu, membuat tambahan daftar Tenaga Kesehatan (Nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pinrang. Jumlah Nakes terpapar Covid-19 sejak bulan Maret hingga Oktober 2020 hari ini sebanyak 12 orang. 

"Dua diantaranya seorang dokter sementara 10 lainya merupakan perawat, bidan dan petugas loket. Sebelas Nakes itu sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sedangkan dokter yang positif ini menjalani isolasi mandiri di salah satu rumah sakit di Makassar," pungkasnya.

Penulis : Redaksi

Editor : Herlin Sadid

Pemkot Makassar
Pertamina
Tabungan Valas Bank SulselBar